Soal Latihan Matematika SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Latihan Matematika SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Soal Latihan Matematika SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

I. Bilangan Cacah Besar

A. Mengenal dan Membaca Bilangan Cacah Besar

  1. Konsep Nilai Tempat:

    • Jelaskan nilai tempat hingga jutaan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, jutaan).
    • Contoh soal:
      • Tentukan nilai tempat angka 7 pada bilangan 3.754.291.
      • Bilangan 5.286.943 terdiri dari berapa jutaan, ratus ribuan, puluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan?
  2. Membaca Bilangan Cacah Besar:

    • Ajarkan cara membaca bilangan dengan benar, memisahkan ribuan, jutaan dengan titik atau spasi.
    • Contoh soal:
      • Tuliskan bilangan berikut dalam kata-kata: 1.250.000
      • Ubahlah bilangan "tiga juta empat ratus lima puluh ribu dua ratus lima belas" ke dalam bentuk angka.
  3. Menulis Bilangan Cacah Besar:

    • Latihan menulis bilangan berdasarkan nama bilangan yang diberikan.
    • Contoh soal:
      • Tuliskan bilangan "dua juta seratus tiga puluh lima ribu tujuh puluh" dalam bentuk angka.
      • Tuliskan bilangan "sembilan juta sembilan ribu sembilan puluh sembilan" dalam bentuk angka.

B. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah Besar

  1. Membandingkan Bilangan:

    • Gunakan simbol < (kurang dari), > (lebih dari), dan = (sama dengan) untuk membandingkan bilangan.
    • Contoh soal:
      • Bandingkan bilangan 2.345.678 dan 2.345.768. Manakah yang lebih besar?
      • Isilah titik-titik dengan simbol <, >, atau =: 1.500.000 … 1.499.999
  2. Mengurutkan Bilangan:

    • Urutkan bilangan dari yang terkecil hingga terbesar, atau sebaliknya.
    • Contoh soal:
      • Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 3.456.789, 3.456.798, 3.456.879.
      • Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 1.200.000, 1.199.999, 1.200.001.

C. Operasi Hitung Bilangan Cacah Besar

  1. Penjumlahan:

    • Latihan penjumlahan bilangan cacah besar dengan dan tanpa teknik menyimpan.
    • Contoh soal:
      • 3.456.789 + 1.234.567 = …
      • 1.999.999 + 1 = …
  2. Pengurangan:

    • Latihan pengurangan bilangan cacah besar dengan dan tanpa teknik meminjam.
    • Contoh soal:
      • 4.567.890 – 2.345.678 = …
      • 2.000.000 – 1 = …
  3. Perkalian:

    • Perkalian bilangan cacah besar dengan bilangan satu atau dua angka.
    • Contoh soal:
      • 1.234.567 x 5 = …
      • 234.567 x 12 = …
  4. Pembagian:

    • Pembagian bilangan cacah besar dengan bilangan satu atau dua angka.
    • Contoh soal:
      • 1.234.567 : 5 = … (dengan sisa)
      • 2.468.000 : 20 = …

D. Penyelesaian Masalah Sehari-hari yang Melibatkan Bilangan Cacah Besar

  1. Soal Cerita:
    • Membuat soal cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan melibatkan operasi hitung bilangan cacah besar.
    • Contoh soal:
      • Sebuah pabrik menghasilkan 1.500.000 buah masker setiap bulan. Berapa buah masker yang dihasilkan pabrik tersebut dalam setahun?
      • Seorang petani memiliki sawah seluas 2.000.000 meter persegi. Jika ia membagi sawahnya menjadi 4 bagian sama besar, berapa luas setiap bagian sawah?
      • Harga sebuah mobil adalah Rp 250.000.000. Jika seseorang membeli 3 mobil, berapa total uang yang harus ia bayar?

II. Pecahan

A. Mengenal Pecahan Senilai dan Menyederhanakan Pecahan

  1. Pecahan Senilai:

    • Menjelaskan konsep pecahan senilai (pecahan yang memiliki nilai yang sama meskipun bentuknya berbeda).
    • Mencari pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
    • Contoh soal:
      • Tentukan tiga pecahan yang senilai dengan 1/2.
      • Apakah pecahan 2/4 senilai dengan 3/6? Jelaskan.
  2. Menyederhanakan Pecahan:

    • Menjelaskan cara menyederhanakan pecahan hingga bentuk paling sederhana dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut.
    • Contoh soal:
      • Sederhanakan pecahan 12/18.
      • Sederhanakan pecahan 25/35.

B. Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan

  1. Membandingkan Pecahan dengan Penyebut Sama:

    • Membandingkan pecahan dengan penyebut yang sama dengan melihat pembilangnya.
    • Contoh soal:
      • Bandingkan pecahan 3/5 dan 2/5. Manakah yang lebih besar?
      • Isilah titik-titik dengan simbol <, >, atau =: 4/7 … 5/7
  2. Membandingkan Pecahan dengan Penyebut Berbeda:

    • Menyamakan penyebut pecahan terlebih dahulu (mencari KPK dari penyebut) sebelum dibandingkan.
    • Contoh soal:
      • Bandingkan pecahan 1/2 dan 1/3. Manakah yang lebih besar?
      • Isilah titik-titik dengan simbol <, >, atau =: 2/3 … 3/4
  3. Mengurutkan Pecahan:

    • Mengurutkan pecahan dengan penyebut sama atau berbeda dari yang terkecil hingga terbesar, atau sebaliknya.
    • Contoh soal:
      • Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil: 1/2, 1/4, 1/3.
      • Urutkan pecahan berikut dari yang terbesar: 2/5, 3/5, 1/5.

C. Operasi Hitung Pecahan

  1. Penjumlahan Pecahan:

    • Penjumlahan pecahan dengan penyebut sama dan berbeda (menyamakan penyebut terlebih dahulu).
    • Contoh soal:
      • 1/4 + 2/4 = …
      • 1/2 + 1/3 = …
  2. Pengurangan Pecahan:

    • Pengurangan pecahan dengan penyebut sama dan berbeda (menyamakan penyebut terlebih dahulu).
    • Contoh soal:
      • 3/5 – 1/5 = …
      • 2/3 – 1/4 = …
  3. Perkalian Pecahan:

    • Perkalian pecahan dengan pecahan (pembilang dikali pembilang, penyebut dikali penyebut).
    • Contoh soal:
      • 1/2 x 1/3 = …
      • 2/5 x 3/4 = …
  4. Pembagian Pecahan:

    • Pembagian pecahan dengan pecahan (mengalikan dengan kebalikan pecahan pembagi).
    • Contoh soal:
      • 1/2 : 1/3 = …
      • 3/4 : 2/5 = …

D. Penyelesaian Masalah Sehari-hari yang Melibatkan Pecahan

  1. Soal Cerita:
    • Membuat soal cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan melibatkan operasi hitung pecahan.
    • Contoh soal:
      • Ibu membeli 1/2 kg gula dan 1/4 kg tepung. Berapa total berat belanjaan ibu?
      • Sebuah kue dipotong menjadi 8 bagian sama besar. Jika Ani makan 2 potong, berapa bagian kue yang dimakan Ani?
      • Seorang petani memiliki sawah. 1/3 bagian ditanami padi, dan 1/4 bagian ditanami jagung. Berapa bagian sawah yang belum ditanami?

III. Geometri

A. Mengenal Bangun Datar

  1. Segitiga:

    • Mengidentifikasi jenis-jenis segitiga (sama sisi, sama kaki, siku-siku).
    • Menghitung keliling segitiga.
    • Contoh soal:
      • Sebutkan jenis segitiga berdasarkan gambar yang diberikan.
      • Hitunglah keliling segitiga sama sisi dengan panjang sisi 5 cm.
  2. Segi Empat:

    • Mengidentifikasi jenis-jenis segi empat (persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium).
    • Menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang.
    • Contoh soal:
      • Sebutkan jenis segi empat berdasarkan gambar yang diberikan.
      • Hitunglah keliling dan luas persegi panjang dengan panjang 8 cm dan lebar 5 cm.
      • Hitunglah keliling dan luas persegi dengan panjang sisi 6 cm.
  3. Lingkaran:

    • Mengenal unsur-unsur lingkaran (jari-jari, diameter, pusat lingkaran).
    • Menghitung keliling lingkaran. (Jika memungkinkan, perkenalkan nilai π (pi)).
    • Contoh soal:
      • Sebutkan unsur-unsur lingkaran pada gambar yang diberikan.
      • Hitunglah keliling lingkaran dengan jari-jari 7 cm (gunakan π = 22/7).

B. Mengukur Sudut

  1. Mengenal Jenis-jenis Sudut:

    • Sudut lancip, sudut siku-siku, sudut tumpul, sudut lurus.
    • Contoh soal:
      • Sebutkan jenis sudut berdasarkan gambar yang diberikan.
  2. Mengukur Sudut dengan Busur Derajat:

    • Menggunakan busur derajat untuk mengukur besar sudut.
    • Contoh soal:
      • Ukurlah besar sudut pada gambar yang diberikan menggunakan busur derajat.
      • Gambarlah sudut dengan besar 45 derajat menggunakan busur derajat.

IV. Pengukuran

A. Mengukur Panjang, Berat, dan Waktu

  1. Satuan Panjang:

    • Mengenal satuan panjang (km, hm, dam, m, dm, cm, mm) dan hubungan antar satuan.
    • Konversi satuan panjang.
    • Contoh soal:
      • Ubahlah 5 km menjadi meter.
      • Ubahlah 250 cm menjadi meter.
  2. Satuan Berat:

    • Mengenal satuan berat (kg, hg, dag, g, dg, cg, mg) dan hubungan antar satuan.
    • Konversi satuan berat.
    • Contoh soal:
      • Ubahlah 3 kg menjadi gram.
      • Ubahlah 1500 gram menjadi kilogram.
  3. Satuan Waktu:

    • Mengenal satuan waktu (jam, menit, detik) dan hubungan antar satuan.
    • Konversi satuan waktu.
    • Contoh soal:
      • Ubahlah 2 jam menjadi menit.
      • Ubahlah 180 detik menjadi menit.

B. Menyelesaikan Masalah Sehari-hari yang Melibatkan Pengukuran

  1. Soal Cerita:
    • Membuat soal cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan melibatkan pengukuran panjang, berat, dan waktu.
    • Contoh soal:
      • Jarak rumah Ani ke sekolah adalah 2 km. Berapa meter jarak rumah Ani ke sekolah?
      • Ibu membeli 2 kg apel dan 500 gram jeruk. Berapa total berat belanjaan ibu dalam gram?
      • Ayah berangkat kerja pukul 07.00 dan pulang pukul 17.00. Berapa jam ayah bekerja?

V. Pengolahan Data

A. Mengumpulkan dan Menyajikan Data

  1. Mengumpulkan Data:

    • Melakukan survei sederhana untuk mengumpulkan data (misalnya, warna kesukaan, makanan favorit).
  2. Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel:

    • Menyajikan data yang telah dikumpulkan dalam bentuk tabel yang rapi dan mudah dibaca.
  3. Menyajikan Data dalam Bentuk Diagram Batang:

    • Menyajikan data yang telah dikumpulkan dalam bentuk diagram batang.
    • Membaca dan menafsirkan diagram batang.

B. Membaca dan Menafsirkan Data

  1. Membaca Tabel:

    • Membaca informasi yang terdapat dalam tabel.
    • Contoh soal:
      • Berdasarkan tabel data siswa kelas 4, berapa jumlah siswa yang menyukai warna biru?
  2. Membaca Diagram Batang:

    • Membaca informasi yang terdapat dalam diagram batang.
    • Contoh soal:
      • Berdasarkan diagram batang data makanan favorit, makanan apa yang paling banyak disukai siswa?
  3. Menafsirkan Data:

    • Menarik kesimpulan sederhana berdasarkan data yang disajikan dalam tabel atau diagram batang.
    • Contoh soal:
      • Berdasarkan data yang disajikan, apa yang dapat kamu simpulkan tentang warna kesukaan siswa kelas 4?

Artikel ini menyediakan berbagai contoh soal latihan yang bisa digunakan guru atau orang tua untuk membantu siswa kelas 4 memahami konsep matematika Kurikulum Merdeka. Soal-soal tersebut mencakup berbagai tingkat kesulitan, mulai dari yang dasar hingga yang lebih kompleks, serta disesuaikan dengan konteks kehidupan sehari-hari agar lebih relevan dan mudah dipahami oleh siswa.

Soal Latihan Matematika SD Kelas 4 Kurikulum Merdeka

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these