Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 3: Asah Kemampuan Berbahasa
A. Membaca dan Memahami Teks
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam membaca teks pendek dan memahami informasi yang terkandung di dalamnya. Soal-soal akan meliputi menemukan informasi tersurat, informasi tersirat, ide pokok, dan makna kata.
Contoh Teks:
"Keluargaku memiliki seekor kucing bernama Milo. Milo memiliki bulu berwarna putih bersih dan mata biru yang indah. Milo sangat suka bermain dengan bola benang dan tidur di pangkuan Ibu. Setiap pagi, Milo selalu mengeong di depan pintu kamarku, meminta untuk diberi makan. Aku sangat menyayangi Milo karena ia sangat lucu dan menggemaskan."
Contoh Soal:
-
Siapa nama kucing dalam teks di atas?
a. Moli
b. Milo
c. Moli
d. Mula
Kunci Jawaban: b. Milo
-
Apa warna bulu Milo?
a. Hitam
b. Coklat
c. Putih
d. Abu-abu
Kunci Jawaban: c. Putih
-
Di mana Milo suka tidur?
a. Di atas meja
b. Di pangkuan Ibu
c. Di dalam lemari
d. Di bawah kursi
Kunci Jawaban: b. Di pangkuan Ibu
-
Apa yang dilakukan Milo setiap pagi di depan pintu kamar?
a. Mengeong
b. Mencakar
c. Menggaruk
d. Mengigit
Kunci Jawaban: a. Mengeong
-
Kata "menggemaskan" pada teks di atas memiliki arti yang sama dengan…
a. Menakutkan
b. Menjengkelkan
c. Menyenangkan
d. Membosankan
Kunci Jawaban: c. Menyenangkan
Contoh Teks Lain:
"Setiap hari Minggu, aku dan keluargaku pergi ke taman. Di taman, aku bermain ayunan dan perosotan bersama teman-temanku. Ayah membaca koran di bawah pohon rindang, sedangkan Ibu menyiapkan bekal makanan. Kami sangat senang menghabiskan waktu bersama di taman."
Contoh Soal:
-
Kapan penulis dan keluarganya pergi ke taman?
a. Setiap hari Senin
b. Setiap hari Selasa
c. Setiap hari Sabtu
d. Setiap hari Minggu
Kunci Jawaban: d. Setiap hari Minggu
-
Apa yang dilakukan penulis di taman?
a. Membaca buku
b. Bermain ayunan dan perosotan
c. Membantu Ibu menyiapkan makanan
d. Membantu Ayah membaca koran
Kunci Jawaban: b. Bermain ayunan dan perosotan
-
Siapa yang membaca koran di bawah pohon rindang?
a. Penulis
b. Ibu
c. Ayah
d. Teman-teman penulis
Kunci Jawaban: c. Ayah
-
Apa yang disiapkan Ibu di taman?
a. Minuman
b. Bekal makanan
c. Mainan
d. Alas duduk
Kunci Jawaban: b. Bekal makanan
-
Apa perasaan penulis saat menghabiskan waktu bersama keluarga di taman?
a. Sedih
b. Marah
c. Senang
d. Bosan
Kunci Jawaban: c. Senang
B. Tata Bahasa dan Kosakata
Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang tata bahasa dasar dan perluasan kosakata. Soal-soal akan meliputi penggunaan huruf kapital, tanda baca, kata depan, kata ganti, sinonim, antonim, dan pembentukan kata.
Contoh Soal:
-
Penulisan kalimat di bawah ini yang benar adalah…
a. ibu pergi ke pasar
b. Ibu pergi ke pasar.
c. ibu pergi Ke Pasar
d. Ibu Pergi Ke Pasar
Kunci Jawaban: b. Ibu pergi ke pasar.
-
Tanda baca yang tepat untuk mengakhiri kalimat tanya adalah…
a. . (titik)
b. , (koma)
c. ? (tanda tanya)
d. ! (tanda seru)
Kunci Jawaban: c. ? (tanda tanya)
-
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat "Buku itu ada … atas meja" adalah…
a. di
b. ke
c. dari
d. pada
Kunci Jawaban: a. di
-
Kata ganti orang yang tepat untuk menggantikan "Budi" dalam kalimat "Budi sedang bermain bola" adalah…
a. Saya
b. Kamu
c. Dia
d. Kami
Kunci Jawaban: c. Dia
-
Sinonim dari kata "senang" adalah…
a. Sedih
b. Gembira
c. Marah
d. Bosan
Kunci Jawaban: b. Gembira
-
Antonim dari kata "besar" adalah…
a. Kecil
b. Tinggi
c. Panjang
d. Lebar
Kunci Jawaban: a. Kecil
-
Bentuk kata dasar dari "bermain" adalah…
a. Ber
b. Main
c. Bermain
d. Me
Kunci Jawaban: b. Main
-
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat "Adik … gigi setiap pagi" adalah…
a. Mandi
b. Makan
c. Menggosok
d. Minum
Kunci Jawaban: c. Menggosok
-
Kalimat yang menggunakan huruf kapital dengan benar adalah…
a. saya suka makan nasi goreng.
b. Saya Suka Makan Nasi Goreng.
c. Saya suka makan nasi goreng.
d. saya Suka makan Nasi goreng.
Kunci Jawaban: c. Saya suka makan nasi goreng.
-
Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik pada kalimat "…. nama saya Ani" adalah…
a. Dia
b. Kamu
c. Saya
d. Kami
Kunci Jawaban: c. Saya
C. Menulis Kalimat dan Paragraf
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam menyusun kalimat yang baik dan benar, serta mengembangkan ide menjadi paragraf sederhana.
Contoh Soal:
-
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar: "ke – sekolah – pergi – saya"
a. Sekolah ke pergi saya
b. Pergi sekolah ke saya
c. Saya pergi ke sekolah
d. Ke saya pergi sekolah
Kunci Jawaban: c. Saya pergi ke sekolah
-
Buatlah kalimat sederhana menggunakan kata "buku"!
Kunci Jawaban: Saya membaca buku di perpustakaan. (Jawaban lain yang relevan dapat diterima)
-
Lengkapilah paragraf berikut:
"Hari ini cuaca sangat cerah. Matahari bersinar terang. … . Aku sangat senang bermain di luar."
a. Aku merasa sedih
b. Aku merasa kedinginan
c. Aku merasa kepanasan
d. Aku merasa gembira
Kunci Jawaban: d. Aku merasa gembira
-
Buatlah sebuah kalimat tentang cita-cita!
Kunci Jawaban: Cita-citaku adalah menjadi seorang guru. (Jawaban lain yang relevan dapat diterima)
-
Susunlah kalimat berikut menjadi paragraf yang padu:
- Aku memberi makan ikan peliharaanku.
- Setiap pagi aku bangun pagi.
- Aku sangat menyayangi ikan-ikan itu.
- Setelah itu, aku berangkat ke sekolah.
Urutan yang benar adalah…
a. 1-2-3-4
b. 2-1-4-3
c. 2-1-3-4
d. 4-3-2-1
Kunci Jawaban: c. 2-1-3-4 (2. Setiap pagi aku bangun pagi. 1. Aku memberi makan ikan peliharaanku. 3. Aku sangat menyayangi ikan-ikan itu. 4. Setelah itu, aku berangkat ke sekolah.)
D. Mendengarkan dan Merespons
Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam mendengarkan informasi lisan dan memberikan respons yang tepat. Soal-soal dapat berupa menjawab pertanyaan, memberikan instruksi, atau menceritakan kembali isi cerita yang didengar. (Soal-soal ini memerlukan media audio untuk dipraktikkan).
Contoh Soal (Diasumsikan ada audio yang diperdengarkan):
- (Audio): "Dengarkan baik-baik. Ibu berpesan, setelah pulang sekolah, kamu harus langsung makan siang, kemudian tidur siang. Jangan lupa kerjakan PR sebelum bermain."
-
Apa yang harus dilakukan setelah pulang sekolah menurut pesan Ibu?
a. Bermain
b. Makan siang dan tidur siang
c. Mengerjakan PR
d. Pergi ke rumah teman
Kunci Jawaban: b. Makan siang dan tidur siang
-
Kapan PR harus dikerjakan menurut pesan Ibu?
a. Setelah bermain
b. Sebelum bermain
c. Saat bermain
d. Tidak perlu dikerjakan
Kunci Jawaban: b. Sebelum bermain
- (Audio): "Dengarkan cerita berikut: Ada seekor kancil yang cerdik. Ia berhasil menipu buaya-buaya di sungai agar bisa menyeberang."
-
Siapa tokoh utama dalam cerita tersebut?
a. Buaya
b. Kancil
c. Singa
d. Gajah
Kunci Jawaban: b. Kancil
-
Apa yang dilakukan kancil dalam cerita tersebut?
a. Membantu buaya
b. Menipu buaya
c. Berteman dengan buaya
d. Melawan buaya
Kunci Jawaban: b. Menipu buaya
-
Apa tujuan kancil menipu buaya?
a. Untuk bermain-main
b. Untuk menyeberang sungai
c. Untuk mencari makan
d. Untuk menghibur diri
Kunci Jawaban: b. Untuk menyeberang sungai