Soal Matematika Kelas 3: Contoh & Pembahasan Lengkap

Soal Matematika Kelas 3: Contoh & Pembahasan Lengkap

Soal Matematika Kelas 3: Contoh & Pembahasan Lengkap

I. Operasi Penjumlahan dan Pengurangan

A. Penjumlahan Tanpa Menyimpan

  1. Konsep Dasar: Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua bilangan atau lebih untuk mendapatkan jumlah total. Pada penjumlahan tanpa menyimpan, hasil penjumlahan setiap kolom (satuan, puluhan, ratusan) tidak melebihi 9.

  2. Contoh Soal:

    • Soal 1: 234 + 125 = …

      • Pembahasan:

        • Susun bilangan secara vertikal, sejajarkan satuan dengan satuan, puluhan dengan puluhan, dan ratusan dengan ratusan:

            234
          + 125
          ------
        • Jumlahkan kolom satuan: 4 + 5 = 9

        • Jumlahkan kolom puluhan: 3 + 2 = 5

        • Jumlahkan kolom ratusan: 2 + 1 = 3

        • Jadi, 234 + 125 = 359

    • Soal 2: Sebuah toko buku menjual 312 buku cerita dan 254 buku pelajaran. Berapa jumlah buku yang terjual di toko tersebut?

      • Pembahasan:

        • Jumlah buku yang terjual adalah 312 + 254.

        • Susun bilangan secara vertikal:

            312
          + 254
          ------
        • Jumlahkan kolom satuan: 2 + 4 = 6

        • Jumlahkan kolom puluhan: 1 + 5 = 6

        • Jumlahkan kolom ratusan: 3 + 2 = 5

        • Jadi, jumlah buku yang terjual adalah 566 buku.

B. Penjumlahan Dengan Menyimpan

  1. Konsep Dasar: Pada penjumlahan dengan menyimpan, hasil penjumlahan salah satu kolom melebihi 9. Kelebihan tersebut "disimpan" dan ditambahkan ke kolom berikutnya.

  2. Contoh Soal:

    • Soal 1: 456 + 278 = …

      • Pembahasan:

        • Susun bilangan secara vertikal:

            456
          + 278
          ------
        • Jumlahkan kolom satuan: 6 + 8 = 14. Tulis 4, simpan 1 (puluhan).

        • Jumlahkan kolom puluhan (termasuk simpanan): 1 + 5 + 7 = 13. Tulis 3, simpan 1 (ratusan).

        • Jumlahkan kolom ratusan (termasuk simpanan): 1 + 4 + 2 = 7

        • Jadi, 456 + 278 = 734

    • Soal 2: Ani memiliki 285 kelereng. Budi memiliki 147 kelereng lebih banyak dari Ani. Berapa jumlah kelereng Budi?

      • Pembahasan:

        • Jumlah kelereng Budi adalah 285 + 147.

        • Susun bilangan secara vertikal:

            285
          + 147
          ------
        • Jumlahkan kolom satuan: 5 + 7 = 12. Tulis 2, simpan 1 (puluhan).

        • Jumlahkan kolom puluhan (termasuk simpanan): 1 + 8 + 4 = 13. Tulis 3, simpan 1 (ratusan).

        • Jumlahkan kolom ratusan (termasuk simpanan): 1 + 2 + 1 = 4

        • Jadi, jumlah kelereng Budi adalah 432 kelereng.

C. Pengurangan Tanpa Meminjam

  1. Konsep Dasar: Pengurangan adalah proses mencari selisih antara dua bilangan. Pada pengurangan tanpa meminjam, angka yang dikurangi (angka di atas) selalu lebih besar atau sama dengan angka pengurang (angka di bawah) pada setiap kolom.

  2. Contoh Soal:

    • Soal 1: 567 – 234 = …

      • Pembahasan:

        • Susun bilangan secara vertikal, sejajarkan satuan, puluhan, dan ratusan:

            567
          - 234
          ------
        • Kurangkan kolom satuan: 7 – 4 = 3

        • Kurangkan kolom puluhan: 6 – 3 = 3

        • Kurangkan kolom ratusan: 5 – 2 = 3

        • Jadi, 567 – 234 = 333

    • Soal 2: Seorang petani memanen 485 buah mangga. Ia menjual 123 buah mangga. Berapa buah mangga yang tersisa?

      • Pembahasan:

        • Buah mangga yang tersisa adalah 485 – 123.

        • Susun bilangan secara vertikal:

            485
          - 123
          ------
        • Kurangkan kolom satuan: 5 – 3 = 2

        • Kurangkan kolom puluhan: 8 – 2 = 6

        • Kurangkan kolom ratusan: 4 – 1 = 3

        • Jadi, buah mangga yang tersisa adalah 362 buah.

See also  Soal IPA Kelas 3 SD: Panduan Lengkap dan Contoh Soal

D. Pengurangan Dengan Meminjam

  1. Konsep Dasar: Pada pengurangan dengan meminjam, angka yang dikurangi (angka di atas) lebih kecil dari angka pengurang (angka di bawah) pada salah satu atau beberapa kolom. Kita perlu "meminjam" dari kolom di sebelah kiri untuk melakukan pengurangan.

  2. Contoh Soal:

    • Soal 1: 632 – 258 = …

      • Pembahasan:

        • Susun bilangan secara vertikal:

            632
          - 258
          ------
        • Kurangkan kolom satuan: 2 – 8 (tidak bisa). Pinjam 1 puluhan dari kolom puluhan. 3 menjadi 2, dan 2 menjadi 12. 12 – 8 = 4

        • Kurangkan kolom puluhan: 2 – 5 (tidak bisa). Pinjam 1 ratusan dari kolom ratusan. 6 menjadi 5, dan 2 menjadi 12. 12 – 5 = 7

        • Kurangkan kolom ratusan: 5 – 2 = 3

        • Jadi, 632 – 258 = 374

    • Soal 2: Sebuah perpustakaan memiliki 515 buku. Dipinjam oleh siswa sebanyak 278 buku. Berapa buku yang tersisa di perpustakaan?

      • Pembahasan:

        • Buku yang tersisa adalah 515 – 278.

        • Susun bilangan secara vertikal:

            515
          - 278
          ------
        • Kurangkan kolom satuan: 5 – 8 (tidak bisa). Pinjam 1 puluhan dari kolom puluhan. 1 menjadi 0, dan 5 menjadi 15. 15 – 8 = 7

        • Kurangkan kolom puluhan: 0 – 7 (tidak bisa). Pinjam 1 ratusan dari kolom ratusan. 5 menjadi 4, dan 0 menjadi 10. 10 – 7 = 3

        • Kurangkan kolom ratusan: 4 – 2 = 2

        • Jadi, buku yang tersisa di perpustakaan adalah 237 buku.

II. Operasi Perkalian dan Pembagian

A. Perkalian dengan Bilangan Satu Angka

  1. Konsep Dasar: Perkalian adalah penjumlahan berulang. Misalnya, 3 x 4 berarti 4 + 4 + 4.

  2. Contoh Soal:

    • Soal 1: 12 x 3 = …

      • Pembahasan:

        • Kalikan satuan: 2 x 3 = 6

        • Kalikan puluhan: 1 x 3 = 3

        • Jadi, 12 x 3 = 36

    • Soal 2: Setiap kotak berisi 25 pensil. Berapa jumlah pensil dalam 4 kotak?

      • Pembahasan:

        • Jumlah pensil adalah 25 x 4.

        • Kalikan satuan: 5 x 4 = 20. Tulis 0, simpan 2.

        • Kalikan puluhan (termasuk simpanan): (2 x 4) + 2 = 8 + 2 = 10. Tulis 10.

        • Jadi, jumlah pensil dalam 4 kotak adalah 100 pensil.

B. Pembagian dengan Bilangan Satu Angka

  1. Konsep Dasar: Pembagian adalah proses membagi suatu bilangan menjadi beberapa bagian yang sama besar.

  2. Contoh Soal:

    • Soal 1: 24 : 2 = …

      • Pembahasan:

        • Berapa kali 2 bisa masuk ke dalam 2? Jawabannya 1. Tulis 1 di atas angka 2.

        • 1 x 2 = 2. Tulis 2 di bawah angka 2, lalu kurangkan. 2 – 2 = 0.

        • Turunkan angka 4.

        • Berapa kali 2 bisa masuk ke dalam 4? Jawabannya 2. Tulis 2 di atas angka 4.

        • 2 x 2 = 4. Tulis 4 di bawah angka 4, lalu kurangkan. 4 – 4 = 0.

        • Jadi, 24 : 2 = 12

    • Soal 2: Ibu memiliki 36 kue. Kue tersebut akan dibagikan kepada 3 orang anak sama banyak. Berapa kue yang diterima setiap anak?

      • Pembahasan:

        • Kue yang diterima setiap anak adalah 36 : 3.

        • Berapa kali 3 bisa masuk ke dalam 3? Jawabannya 1. Tulis 1 di atas angka 3.

        • 1 x 3 = 3. Tulis 3 di bawah angka 3, lalu kurangkan. 3 – 3 = 0.

        • Turunkan angka 6.

        • Berapa kali 3 bisa masuk ke dalam 6? Jawabannya 2. Tulis 2 di atas angka 6.

        • 2 x 3 = 6. Tulis 6 di bawah angka 6, lalu kurangkan. 6 – 6 = 0.

        • Jadi, setiap anak menerima 12 kue.

See also  Perkalian untuk Kelas 3 SD: Panduan Lengkap Semester 2

III. Soal Cerita Kombinasi

  1. Contoh Soal:

    • Soal 1: Pak Ali memiliki 150 buah apel. Ia menjual 85 buah apel di pasar. Kemudian, ia memetik lagi 60 buah apel di kebun. Berapa jumlah apel Pak Ali sekarang?

      • Pembahasan:

        • Jumlah apel setelah dijual: 150 – 85 = 65 buah

        • Jumlah apel setelah memetik lagi: 65 + 60 = 125 buah

        • Jadi, jumlah apel Pak Ali sekarang adalah 125 buah.

    • Soal 2: Seorang pedagang membeli 5 kotak pensil. Setiap kotak berisi 12 pensil. Pedagang tersebut kemudian membagikan pensil tersebut kepada 6 orang anak yatim piatu sama banyak. Berapa pensil yang diterima setiap anak?

      • Pembahasan:

        • Jumlah pensil seluruhnya: 5 x 12 = 60 pensil

        • Pensil yang diterima setiap anak: 60 : 6 = 10 pensil

        • Jadi, setiap anak menerima 10 pensil.

IV. Tips Mengerjakan Soal Matematika

  1. Baca Soal dengan Cermat: Pahami apa yang ditanyakan dan informasi yang diberikan.
  2. Garis Bawahi Kata Kunci: Identifikasi kata-kata yang menunjukkan operasi matematika yang harus dilakukan (misalnya: jumlah, selisih, kali, bagi).
  3. Tuliskan Langkah-Langkah Penyelesaian: Kerjakan soal secara sistematis, langkah demi langkah.
  4. Periksa Kembali Jawaban: Pastikan jawaban logis dan sesuai dengan pertanyaan.
  5. Berlatih Secara Rutin: Semakin sering berlatih, semakin mahir dalam mengerjakan soal matematika.

Dengan memahami konsep dasar, berlatih secara teratur, dan mengikuti tips di atas, siswa kelas 3 akan lebih mudah memahami dan menyelesaikan soal-soal matematika. Semangat belajar!

Soal Matematika Kelas 3: Contoh & Pembahasan Lengkap

About the Author

admin

Seorang Mahasiswa Yang sudah lama menjadi seorang penulis untuk situs universitas ini, dan mencintai dunia jurnalis sejak lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these