Latihan Soal Matematika Kelas 3 Semester 2

Latihan Soal Matematika Kelas 3 Semester 2

Latihan Soal Matematika Kelas 3 Semester 2

I. Bilangan Cacah Hingga 10.000

A. Membaca dan Menulis Bilangan

  • Konsep Dasar: Pemahaman tentang nilai tempat (satuan, puluhan, ratusan, ribuan) adalah kunci utama. Siswa harus mampu mengidentifikasi angka pada setiap nilai tempat dan menggabungkannya untuk membaca bilangan secara utuh.

  • Soal Latihan:

    1. Tuliskan bilangan berikut dalam angka:
      • Seribu dua ratus lima puluh enam
      • Dua ribu tujuh ratus delapan puluh sembilan
      • Tiga ribu empat ratus tiga
      • Empat ribu lima ratus satu
      • Lima ribu enam ratus dua puluh
    2. Tuliskan bilangan berikut dalam kata-kata:
      • 1.345
      • 2.876
      • 3.009
      • 4.567
      • 5.980
    3. Tentukan nilai tempat angka yang digarisbawahi:
      • 2.345
      • 4.567
      • 1.234
      • 3.098
      • 5.670

B. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan

  • Konsep Dasar: Membandingkan bilangan dilakukan dengan melihat nilai tempat terbesar terlebih dahulu. Jika angka pada nilai tempat terbesar sama, maka bandingkan angka pada nilai tempat berikutnya, dan seterusnya. Mengurutkan bilangan berarti menyusun bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.

  • Soal Latihan:

    1. Bandingkan bilangan berikut menggunakan tanda >, <, atau =:
      • 1.234 … 1.345
      • 2.456 … 2.456
      • 3.567 … 3.560
      • 4.678 … 4.687
      • 5.789 … 5.798
    2. Urutkan bilangan berikut dari terkecil hingga terbesar:
      • 2.345, 1.234, 3.456, 4.567, 5.678
      • 6.789, 7.890, 8.901, 9.012, 1.023
    3. Urutkan bilangan berikut dari terbesar hingga terkecil:
      • 9.876, 8.765, 7.654, 6.543, 5.432
      • 4.321, 3.210, 2.109, 1.098, 987

C. Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan

  • Konsep Dasar: Penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dilakukan dengan menjumlahkan atau mengurangkan angka pada nilai tempat yang sama. Jika hasil penjumlahan pada suatu nilai tempat lebih dari 9, maka simpan angka puluhan ke nilai tempat berikutnya. Sebaliknya, jika angka pada suatu nilai tempat tidak cukup untuk dikurangkan, maka pinjam dari nilai tempat berikutnya.

  • Soal Latihan:

    1. Hitunglah:
      • 1.234 + 2.345 = …
      • 3.456 + 4.567 = …
      • 5.678 + 6.789 = …
      • 7.890 + 8.901 = …
      • 9.012 + 1.023 = …
    2. Hitunglah:
      • 2.345 – 1.234 = …
      • 4.567 – 3.456 = …
      • 6.789 – 5.678 = …
      • 8.901 – 7.890 = …
      • 1.023 – 901 = …
    3. Soal Cerita:
      • Andi memiliki 1.500 kelereng. Budi memiliki 2.300 kelereng. Berapa jumlah kelereng Andi dan Budi?
      • Siti memiliki 3.000 permen. Dia memberikan 1.200 permen kepada adiknya. Berapa sisa permen Siti?

II. Perkalian dan Pembagian

A. Perkalian sebagai Penjumlahan Berulang

  • Konsep Dasar: Perkalian adalah penjumlahan berulang dari bilangan yang sama. Misalnya, 3 x 4 sama dengan 4 + 4 + 4.

  • Soal Latihan:

    1. Ubahlah perkalian berikut menjadi penjumlahan berulang:
      • 2 x 5 = …
      • 3 x 6 = …
      • 4 x 7 = …
      • 5 x 8 = …
      • 6 x 9 = …
    2. Hitunglah:
      • 2 x 5 = …
      • 3 x 6 = …
      • 4 x 7 = …
      • 5 x 8 = …
      • 6 x 9 = …

B. Pembagian sebagai Pengurangan Berulang

  • Konsep Dasar: Pembagian adalah pengurangan berulang sampai habis atau mencapai sisa. Misalnya, 12 : 3 berarti 12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0 (pengurangan sebanyak 4 kali, jadi 12 : 3 = 4).

  • Soal Latihan:

    1. Ubahlah pembagian berikut menjadi pengurangan berulang:
      • 10 : 2 = …
      • 12 : 3 = …
      • 14 : 7 = …
      • 15 : 5 = …
      • 18 : 6 = …
    2. Hitunglah:
      • 10 : 2 = …
      • 12 : 3 = …
      • 14 : 7 = …
      • 15 : 5 = …
      • 18 : 6 = …
See also  Soal Matematika Kelas 3: Contoh & Pembahasan Lengkap

C. Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah Sederhana

  • Konsep Dasar: Menguasai perkalian dan pembagian dasar (1-10) sangat penting. Gunakan tabel perkalian sebagai alat bantu.

  • Soal Latihan:

    1. Hitunglah:
      • 7 x 8 = …
      • 9 x 6 = …
      • 5 x 7 = …
      • 8 x 4 = …
      • 6 x 3 = …
    2. Hitunglah:
      • 42 : 6 = …
      • 56 : 7 = …
      • 63 : 9 = …
      • 32 : 8 = …
      • 27 : 3 = …
    3. Soal Cerita:
      • Ibu membeli 5 bungkus permen. Setiap bungkus berisi 8 permen. Berapa jumlah permen yang dibeli ibu?
      • Ayah membagikan 24 buku kepada 6 anak. Berapa buku yang diterima setiap anak?

III. Pecahan Sederhana

A. Mengenal Pecahan

  • Konsep Dasar: Pecahan adalah bagian dari keseluruhan. Pecahan terdiri dari pembilang (angka di atas garis) dan penyebut (angka di bawah garis). Pembilang menunjukkan jumlah bagian yang diambil, sedangkan penyebut menunjukkan jumlah keseluruhan bagian.

  • Soal Latihan:

    1. Tuliskan pecahan yang menyatakan bagian yang diarsir: (disertai gambar lingkaran/persegi yang dibagi menjadi beberapa bagian dan sebagian diarsir)
    2. Tentukan pembilang dan penyebut dari pecahan berikut:
      • 1/2
      • 2/3
      • 3/4
      • 4/5
      • 5/6
    3. Arsirlah gambar berikut sesuai dengan pecahan yang diberikan: (disertai gambar lingkaran/persegi yang dibagi menjadi beberapa bagian)
      • 1/4
      • 2/5
      • 3/8

B. Membandingkan Pecahan Sederhana

  • Konsep Dasar: Jika penyebut sama, bandingkan pembilangnya. Pecahan dengan pembilang lebih besar memiliki nilai yang lebih besar. Jika pembilang sama, bandingkan penyebutnya. Pecahan dengan penyebut lebih kecil memiliki nilai yang lebih besar.

  • Soal Latihan:

    1. Bandingkan pecahan berikut menggunakan tanda >, <, atau =:
      • 1/2 … 1/4
      • 2/3 … 1/3
      • 3/5 … 4/5
      • 2/7 … 2/5
      • 5/8 … 5/6
    2. Urutkan pecahan berikut dari terkecil hingga terbesar:
      • 1/2, 1/4, 1/3
      • 2/5, 2/7, 2/3
    3. Urutkan pecahan berikut dari terbesar hingga terkecil:
      • 3/4, 3/5, 3/8
      • 4/6, 4/7, 4/5

IV. Bangun Datar Sederhana

A. Mengenal Bangun Datar

  • Konsep Dasar: Siswa harus mampu mengidentifikasi bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, dan layang-layang. Mereka juga harus mengetahui ciri-ciri setiap bangun datar (misalnya, persegi memiliki empat sisi sama panjang dan empat sudut siku-siku).

  • Soal Latihan:

    1. Sebutkan nama bangun datar berikut: (disertai gambar bangun datar)
    2. Sebutkan ciri-ciri bangun datar berikut:
      • Persegi
      • Persegi Panjang
      • Segitiga
      • Lingkaran
    3. Gambarlah bangun datar berikut:
      • Persegi
      • Persegi Panjang
      • Segitiga

B. Menghitung Keliling Bangun Datar

  • Konsep Dasar: Keliling adalah jumlah panjang seluruh sisi bangun datar. Untuk persegi, keliling = 4 x sisi. Untuk persegi panjang, keliling = 2 x (panjang + lebar). Untuk segitiga, keliling = jumlah panjang ketiga sisi.

  • Soal Latihan:

    1. Hitunglah keliling persegi dengan sisi 5 cm.
    2. Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang 8 cm dan lebar 4 cm.
    3. Hitunglah keliling segitiga dengan sisi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm.
    4. Soal Cerita:
      • Sebuah taman berbentuk persegi dengan sisi 10 meter. Berapa keliling taman tersebut?
      • Sebuah taplak meja berbentuk persegi panjang dengan panjang 120 cm dan lebar 80 cm. Berapa keliling taplak meja tersebut?
See also  Bank Soal Akidah Akhlak SD Kelas 2 Semester 2

C. Menghitung Luas Bangun Datar

  • Konsep Dasar: Luas adalah ukuran permukaan suatu bangun datar. Untuk persegi, luas = sisi x sisi. Untuk persegi panjang, luas = panjang x lebar.

  • Soal Latihan:

    1. Hitunglah luas persegi dengan sisi 6 cm.
    2. Hitunglah luas persegi panjang dengan panjang 9 cm dan lebar 5 cm.
    3. Soal Cerita:
      • Sebuah kertas berbentuk persegi dengan sisi 8 cm. Berapa luas kertas tersebut?
      • Sebuah lantai kamar berbentuk persegi panjang dengan panjang 4 meter dan lebar 3 meter. Berapa luas lantai kamar tersebut?

V. Pengukuran Waktu, Panjang, dan Berat

A. Pengukuran Waktu

  • Konsep Dasar: Siswa harus mengenal satuan waktu seperti jam, menit, dan detik. Mereka juga harus mampu membaca jam analog dan digital.

  • Soal Latihan:

    1. Tentukan waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut: (disertai gambar jam analog)
    2. Ubahlah satuan waktu berikut:
      • 1 jam = … menit
      • 1 menit = … detik
      • 2 jam = … menit
      • 3 menit = … detik
    3. Soal Cerita:
      • Andi belajar selama 2 jam. Berapa menit Andi belajar?
      • Siti bermain selama 45 menit. Berapa detik Siti bermain?

B. Pengukuran Panjang

  • Konsep Dasar: Siswa harus mengenal satuan panjang seperti meter (m) dan centimeter (cm). Mereka juga harus mampu mengukur panjang benda menggunakan penggaris.

  • Soal Latihan:

    1. Ukurlah panjang benda-benda berikut menggunakan penggaris: (misalnya, pensil, buku, meja)
    2. Ubahlah satuan panjang berikut:
      • 1 meter = … centimeter
      • 2 meter = … centimeter
      • 300 centimeter = … meter
      • 400 centimeter = … meter
    3. Soal Cerita:
      • Panjang meja adalah 120 cm. Berapa meter panjang meja tersebut?
      • Tinggi pintu adalah 2 meter. Berapa centimeter tinggi pintu tersebut?

C. Pengukuran Berat

  • Konsep Dasar: Siswa harus mengenal satuan berat seperti kilogram (kg) dan gram (g). Mereka juga harus mampu menimbang benda menggunakan timbangan.

  • Soal Latihan:

    1. Timbanglah berat benda-benda berikut menggunakan timbangan: (misalnya, buku, tas, botol air)
    2. Ubahlah satuan berat berikut:
      • 1 kilogram = … gram
      • 2 kilogram = … gram
      • 3000 gram = … kilogram
      • 4000 gram = … kilogram
    3. Soal Cerita:
      • Berat badan Andi adalah 30 kg. Berapa gram berat badan Andi?
      • Berat sebuah apel adalah 200 gram. Berapa kilogram berat 5 buah apel? (asumsi berat setiap apel sama)

Latihan Soal Matematika Kelas 3 Semester 2

About the Author

admin

Seorang Mahasiswa Yang sudah lama menjadi seorang penulis untuk situs universitas ini, dan mencintai dunia jurnalis sejak lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these