Bank Soal B.Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP 2016

Bank Soal B.Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP 2016

I. Memahami Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks

A. Teks Persuasi

  1.  **Pengertian dan Ciri-ciri:**

     *   Teks persuasi bertujuan meyakinkan pembaca atau pendengar tentang suatu ide, gagasan, atau pendapat.Bank Soal B.Indonesia Kelas 8 Semester 2 SMP 2016
     *   Ciri-cirinya meliputi:
        *   Adanya argumen yang kuat dan logis.
        *   Menggunakan bahasa yang persuasif dan menarik.
        *   Bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar.
        *   Seringkali menggunakan fakta dan data untuk mendukung argumen.

  2.  **Struktur Teks Persuasi:**

     *   **Pengenalan Isu:** Bagian awal yang memperkenalkan topik atau permasalahan yang akan dibahas.
     *   **Rangkaian Argumen:** Bagian inti yang berisi pendapat atau alasan yang mendukung posisi penulis atau pembicara. Setiap argumen harus didukung oleh bukti dan contoh yang relevan.
     *   **Pernyataan Ajakan:** Bagian yang berisi ajakan atau imbauan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan penulis atau pembicara.
     *   **Penegasan Kembali:** Bagian akhir yang memperkuat pernyataan ajakan dan merangkum argumen yang telah disampaikan.

  3.  **Unsur Kebahasaan Teks Persuasi:**

     *   **Kata-kata Persuasif:** Kata-kata yang memiliki daya bujuk atau mempengaruhi, seperti "seharusnya", "sebaiknya", "hendaknya", "marilah", dan "ayo".
     *   **Kalimat Imperatif:** Kalimat perintah atau ajakan yang bertujuan untuk mendorong pembaca atau pendengar melakukan sesuatu.
     *   **Kalimat Argumentatif:** Kalimat yang berisi alasan atau bukti yang mendukung suatu pendapat atau pernyataan.
     *   **Kata Kerja Mental:** Kata kerja yang menunjukkan aktivitas pikiran atau perasaan, seperti "berpikir", "merasakan", "meyakini", dan "menganggap".
     *   **Kata Ganti Orang:** Penggunaan kata ganti orang untuk melibatkan pembaca atau pendengar secara langsung, seperti "Anda", "kita", dan "kami".

  4.  **Contoh Soal:**

     *   **Soal:** Identifikasi struktur teks persuasi berikut: [Teks persuasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan].
     *   **Soal:** Tentukan kata-kata persuasif yang terdapat dalam kalimat berikut: [Kalimat persuasif tentang manfaat membaca buku].
     *   **Soal:** Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat imperatif: [Kalimat biasa tentang membuang sampah pada tempatnya].

B. Teks Ulasan

  1.  **Pengertian dan Ciri-ciri:**

     *   Teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian atau komentar terhadap suatu karya, seperti buku, film, drama, atau musik.
     *   Ciri-cirinya meliputi:
        *   Memberikan informasi tentang identitas karya yang diulas.
        *   Menyajikan sinopsis atau ringkasan cerita.
        *   Menilai kelebihan dan kekurangan karya.
        *   Memberikan rekomendasi kepada pembaca atau penonton.

  2.  **Struktur Teks Ulasan:**

     *   **Identitas Karya:** Bagian awal yang menyebutkan judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan informasi lain yang relevan tentang karya yang diulas.
     *   **Orientasi:** Bagian yang memberikan gambaran umum tentang karya dan memperkenalkan penulis atau penciptanya.
     *   **Sinopsis:** Bagian yang meringkas isi cerita atau alur karya secara singkat.
     *   **Analisis:** Bagian yang membahas unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik karya, seperti tema, tokoh, alur, latar, gaya bahasa, dan pesan moral.
     *   **Evaluasi:** Bagian yang memberikan penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan karya, serta memberikan rekomendasi kepada pembaca atau penonton.

  3.  **Unsur Kebahasaan Teks Ulasan:**

     *   **Kata Sifat (Adjektiva):** Digunakan untuk mendeskripsikan kualitas atau karakteristik karya, seperti "menarik", "seru", "membosankan", dan "inspiratif".
     *   **Kata Kerja Aksi:** Digunakan untuk menggambarkan tindakan atau peristiwa dalam karya, seperti "menceritakan", "menggambarkan", dan "menjelaskan".
     *   **Kata Keterangan (Adverbia):** Digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang cara, waktu, tempat, atau keadaan dalam karya, seperti "dengan baik", "secara mendalam", dan "di masa lalu".
     *   **Kalimat Kompleks:** Kalimat yang terdiri dari induk kalimat dan anak kalimat, digunakan untuk menyampaikan informasi yang lebih kompleks dan rinci.

  4.  **Contoh Soal:**

     *   **Soal:** Identifikasi struktur teks ulasan berikut: [Teks ulasan tentang sebuah film].
     *   **Soal:** Tentukan kelebihan dan kekurangan yang diulas dalam teks ulasan berikut: [Teks ulasan tentang sebuah buku].
     *   **Soal:** Buatlah sebuah sinopsis singkat berdasarkan teks ulasan berikut: [Teks ulasan tentang sebuah drama].

C. Teks Drama

  1.  **Pengertian dan Ciri-ciri:**

     *   Teks drama adalah teks yang berisi dialog dan petunjuk pementasan untuk dipentaskan di atas panggung.
     *   Ciri-cirinya meliputi:
        *   Berbentuk dialog antar tokoh.
        *   Memiliki petunjuk pementasan (kramagung) yang mengatur setting, properti, dan tindakan tokoh.
        *   Mengandung konflik yang berkembang menjadi klimaks dan penyelesaian.
        *   Bertujuan untuk menghibur, mendidik, atau menyampaikan pesan moral.

  2.  **Unsur-unsur Drama:**

     *   **Tema:** Ide pokok atau gagasan utama yang mendasari cerita drama.
     *   **Alur:** Rangkaian peristiwa yang membentuk cerita drama.
     *   **Tokoh:** Pelaku dalam cerita drama.
     *   **Penokohan:** Cara pengarang menggambarkan watak atau karakter tokoh.
     *   **Dialog:** Percakapan antar tokoh yang menjadi inti drama.
     *   **Latar:** Tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam drama.
     *   **Amanat:** Pesan moral yang ingin disampaikan pengarang melalui drama.
     *   **Kramagung:** Petunjuk pementasan yang ditulis dalam tanda kurung, berisi informasi tentang setting, properti, tindakan tokoh, dan ekspresi wajah.

  3.  **Unsur Kebahasaan Teks Drama:**

     *   **Dialog:** Menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.
     *   **Kalimat Langsung:** Kalimat yang diucapkan langsung oleh tokoh.
     *   **Kata Sapaan:** Kata yang digunakan untuk menyapa orang lain, seperti "Saudara", "Tuan", "Nyonya", dan "Nak".
     *   **Bahasa Tubuh:** Ekspresi wajah, gerakan tangan, dan postur tubuh tokoh yang diungkapkan melalui kramagung.

  4.  **Contoh Soal:**

     *   **Soal:** Identifikasi unsur-unsur drama berikut: [Teks drama pendek].
     *   **Soal:** Tentukan tema dan amanat yang terkandung dalam drama berikut: [Teks drama].
     *   **Soal:** Jelaskan fungsi kramagung dalam teks drama: [Teks drama].

II. Mengaplikasikan Kaidah Kebahasaan

See also  Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Kelas 3

A. Konjungsi

  1.  **Pengertian dan Jenis-jenis:**

     *   Konjungsi adalah kata penghubung yang berfungsi menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat.
     *   Jenis-jenis konjungsi meliputi:
        *   **Konjungsi Koordinatif:** Menghubungkan unsur yang setara, seperti "dan", "atau", "tetapi", "sedangkan".
        *   **Konjungsi Subordinatif:** Menghubungkan unsur yang tidak setara, seperti "jika", "karena", "ketika", "bahwa".
        *   **Konjungsi Korelatif:** Menghubungkan dua unsur yang saling berhubungan, seperti "baik…maupun", "tidak hanya…tetapi juga".

  2.  **Penggunaan Konjungsi dalam Kalimat:**

     *   Konjungsi digunakan untuk memperjelas hubungan antar unsur dalam kalimat dan membuat kalimat menjadi lebih efektif dan mudah dipahami.
     *   Pemilihan konjungsi yang tepat sangat penting untuk menyampaikan makna yang akurat dan sesuai dengan yang dimaksudkan.

  3.  **Contoh Soal:**

     *   **Soal:** Lengkapi kalimat berikut dengan konjungsi yang tepat: [Kalimat rumpang yang memerlukan konjungsi].
     *   **Soal:** Tentukan jenis konjungsi yang digunakan dalam kalimat berikut: [Kalimat dengan konjungsi].
     *   **Soal:** Buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi koordinatif: [Contoh konjungsi koordinatif].

B. Kata Baku dan Tidak Baku

  1.  **Pengertian dan Perbedaan:**

     *   Kata baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar dan digunakan dalam situasi formal.
     *   Kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar dan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

  2.  **Pentingnya Penggunaan Kata Baku:**

     *   Penggunaan kata baku penting dalam situasi formal, seperti penulisan surat resmi, laporan, karya ilmiah, dan pidato.
     *   Penggunaan kata baku menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan profesional.

  3.  **Contoh Soal:**

     *   **Soal:** Tentukan kata baku dari kata tidak baku berikut: [Daftar kata tidak baku].
     *   **Soal:** Ubahlah kalimat berikut dengan menggunakan kata baku: [Kalimat dengan kata tidak baku].
     *   **Soal:** Mengapa penting menggunakan kata baku dalam penulisan surat resmi? [Pertanyaan esai tentang pentingnya kata baku].

III. Menganalisis dan Memproduksi Teks

See also  Bank Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2: Panduan Lengkap

A. Menganalisis Teks

  1.  **Mengidentifikasi Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik:**
     *   Mampu mengidentifikasi tema, alur, tokoh, penokohan, latar, amanat dalam teks fiksi.
     *   Mampu mengidentifikasi informasi penting, argumen, dan ajakan dalam teks nonfiksi.

  2.  **Menentukan Makna Tersirat dan Tersurat:**
     *   Mampu memahami makna literal (tersurat) dalam teks.
     *   Mampu menginterpretasikan makna implisit (tersirat) yang terkandung dalam teks.

B. Memproduksi Teks

  1.  **Menulis Teks Persuasi:**
     *   Mampu menyusun teks persuasi dengan struktur yang lengkap dan bahasa yang persuasif.
     *   Mampu menyajikan argumen yang kuat dan didukung oleh bukti yang relevan.

  2.  **Menulis Teks Ulasan:**
     *   Mampu menulis teks ulasan yang informatif dan kritis terhadap suatu karya.
     *   Mampu memberikan penilaian yang objektif dan rekomendasi yang bermanfaat.

  3.  **Menulis Teks Drama:**
     *   Mampu menulis naskah drama pendek dengan dialog yang menarik dan konflik yang berkembang.
     *   Mampu menyertakan kramagung yang jelas dan informatif.

IV. Menyimak dan Berbicara

A. Menyimak

  1.  **Menyimak Informasi:**
     *   Mampu mencatat informasi penting dari teks yang didengar.
     *   Mampu merangkum isi teks yang didengar.

  2.  **Menyimak untuk Memberikan Tanggapan:**
     *   Mampu memberikan tanggapan yang relevan dan konstruktif terhadap teks yang didengar.
     *   Mampu menyampaikan pendapat dengan bahasa yang sopan dan argumentatif.

B. Berbicara

  1.  **Berpidato/Berpresentasi:**
     *   Mampu menyampaikan pidato atau presentasi dengan bahasa yang jelas, lugas, dan menarik.
     *   Mampu menggunakan intonasi, gestur, dan mimik yang tepat.

  2.  **Berdiskusi:**
     *   Mampu menyampaikan pendapat dengan sopan dan menghargai pendapat orang lain.
     *   Mampu memberikan argumen yang logis dan didukung oleh bukti.

About the Author

admin

Seorang Mahasiswa Yang sudah lama menjadi seorang penulis untuk situs universitas ini, dan mencintai dunia jurnalis sejak lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these