A. Matematika
-
Bilangan 1-20
-
Mengenal Bilangan:
- Mengidentifikasi lambang bilangan 1 sampai 20.
- Menyebutkan nama bilangan 1 sampai 20.
- Menghitung maju dan mundur dari 1 sampai 20.
- Contoh Soal:
- Lingkari angka 15.
- Tuliskan nama bilangan 12.
- Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 8, 11, 5, 14.
-
Membandingkan Bilangan:
- Menggunakan istilah "lebih dari," "kurang dari," dan "sama dengan."
- Membandingkan dua bilangan menggunakan simbol > (lebih dari), < (kurang dari), dan = (sama dengan).
- Contoh Soal:
- 7 … 10 (isi dengan >, <, atau =).
- Manakah yang lebih banyak, 13 apel atau 9 apel?
- Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 6, 18, 2, 10.
-
Mengurutkan Bilangan:
- Mengurutkan bilangan dari terkecil hingga terbesar.
- Mengurutkan bilangan dari terbesar hingga terkecil.
- Contoh Soal:
- Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil: 4, 12, 1, 9.
- Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 16, 3, 7, 11.
-
-
Penjumlahan dan Pengurangan
-
Penjumlahan:
- Menjumlahkan dua bilangan dengan hasil maksimal 20.
- Menggunakan benda konkret untuk membantu penjumlahan.
- Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
- Contoh Soal:
- 5 + 3 = …
- Ada 8 buku di rak. Ibu menambahkan 4 buku lagi. Berapa jumlah buku sekarang?
- Budi punya 6 kelereng, Ali punya 7 kelereng. Berapa jumlah kelereng mereka berdua?
-
Pengurangan:
- Mengurangkan dua bilangan dengan hasil minimal 0.
- Menggunakan benda konkret untuk membantu pengurangan.
- Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan.
- Contoh Soal:
- 10 – 4 = …
- Ada 12 kue di piring. Dimakan 5 kue. Berapa sisa kue di piring?
- Siti punya 9 pensil. Dia memberikan 3 pensil kepada adiknya. Berapa sisa pensil Siti?
-
Hubungan Penjumlahan dan Pengurangan:
- Memahami bahwa penjumlahan dan pengurangan adalah operasi yang saling berlawanan.
- Menggunakan penjumlahan untuk memeriksa hasil pengurangan.
- Menggunakan pengurangan untuk memeriksa hasil penjumlahan.
- Contoh Soal:
- Jika 7 + 5 = 12, maka 12 – 5 = …
- Jika 15 – 8 = 7, maka 7 + 8 = …
- Selesaikan 9 + … = 14.
-
-
Bangun Datar Sederhana
-
Mengenal Bangun Datar:
- Mengidentifikasi bentuk persegi, segitiga, lingkaran, dan persegi panjang.
- Menyebutkan ciri-ciri bangun datar (misalnya, jumlah sisi dan sudut).
- Mengenal benda-benda di sekitar yang berbentuk bangun datar.
- Contoh Soal:
- Lingkari gambar yang berbentuk lingkaran.
- Berapa jumlah sisi pada segitiga?
- Sebutkan 3 benda di kelas yang berbentuk persegi panjang.
-
Menggambar Bangun Datar:
- Menggambar bentuk persegi, segitiga, lingkaran, dan persegi panjang.
- Menggambar dengan bantuan penggaris (untuk persegi, persegi panjang, dan segitiga).
- Contoh Soal:
- Gambarlah sebuah persegi di kotak berikut.
- Gambarlah sebuah lingkaran di bawah ini.
-
B. Bahasa Indonesia
-
Membaca dan Menulis Permulaan
-
Membaca:
- Membaca suku kata terbuka (ba, bi, bu, be, bo, dst.).
- Membaca kata-kata sederhana yang terdiri dari suku kata terbuka (buku, bola, baju, dst.).
- Membaca kalimat sederhana yang terdiri dari kata-kata yang sudah dikenal.
- Contoh Soal:
- Bacalah suku kata berikut: "ka", "ki", "ku", "ke", "ko".
- Bacalah kata berikut: "mama".
- Bacalah kalimat berikut: "Ini buku baru".
-
Menulis:
- Menulis huruf kapital dan huruf kecil sesuai dengan bentuknya.
- Menulis suku kata terbuka (ba, bi, bu, be, bo, dst.).
- Menulis kata-kata sederhana yang terdiri dari suku kata terbuka (buku, bola, baju, dst.).
- Menulis kalimat sederhana dengan mencontoh.
- Contoh Soal:
- Tuliskan huruf "A" besar dan "a" kecil.
- Tuliskan suku kata "da".
- Tuliskan kata "kuda".
- Salinlah kalimat berikut: "Saya suka membaca."
-
-
Menyimak dan Berbicara
-
Menyimak:
- Menyimak cerita pendek yang dibacakan guru.
- Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
- Menyebutkan kembali tokoh dan latar cerita.
- Contoh Soal:
- Guru membacakan cerita tentang "Kancil dan Buaya".
- Siapa tokoh utama dalam cerita tersebut?
- Di mana cerita itu terjadi?
-
Berbicara:
- Menceritakan kembali isi cerita yang telah disimak dengan bahasa sendiri.
- Menjawab pertanyaan dengan kalimat yang lengkap.
- Menyampaikan pendapat tentang suatu hal dengan sopan.
- Contoh Soal:
- Ceritakan kembali cerita "Kancil dan Buaya" dengan bahasamu sendiri.
- Apa yang kamu sukai dari cerita tersebut?
- Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap teman?
-
-
Kosakata dan Ungkapan
-
Kosakata:
- Memahami arti kata-kata yang berkaitan dengan lingkungan sekitar (keluarga, sekolah, rumah, teman).
- Menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat sederhana.
- Contoh Soal:
- Apa arti kata "sekolah"?
- Buatlah kalimat menggunakan kata "keluarga".
-
Ungkapan:
- Mengenal ungkapan-ungkapan sederhana (terima kasih, tolong, maaf).
- Menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dalam situasi yang tepat.
- Contoh Soal:
- Kapan kita mengucapkan "terima kasih"?
- Jika kamu tidak sengaja menjatuhkan pensil temanmu, apa yang harus kamu katakan?
-
C. PPKn
-
Pancasila dan Simbolnya
-
Mengenal Pancasila:
- Menyebutkan lima sila Pancasila.
- Menghafalkan urutan sila-sila Pancasila.
- Contoh Soal:
- Sebutkan sila pertama Pancasila.
- Apa bunyi sila ketiga Pancasila?
-
Simbol Pancasila:
- Mengenal simbol-simbol setiap sila Pancasila (bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas).
- Menghubungkan simbol dengan sila yang sesuai.
- Contoh Soal:
- Apa simbol sila pertama Pancasila?
- Simbol kepala banteng melambangkan sila ke berapa?
-
-
Aturan di Rumah dan di Sekolah
-
Aturan di Rumah:
- Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di rumah (misalnya, membantu orang tua, menjaga kebersihan, tidur tepat waktu).
- Mematuhi aturan di rumah.
- Contoh Soal:
- Sebutkan 3 contoh aturan yang ada di rumahmu.
- Mengapa kita harus membantu orang tua?
-
Aturan di Sekolah:
- Menyebutkan contoh aturan yang berlaku di sekolah (misalnya, datang tepat waktu, memakai seragam, menjaga kebersihan).
- Mematuhi aturan di sekolah.
- Contoh Soal:
- Sebutkan 3 contoh aturan yang ada di sekolahmu.
- Mengapa kita harus datang tepat waktu ke sekolah?
-
-
Kerja Sama
- Pengertian Kerja Sama:
- Memahami pentingnya kerja sama dalam kehidupan sehari-hari.
- Memberikan contoh kegiatan kerja sama di rumah dan di sekolah.
- Contoh Soal:
- Apa yang dimaksud dengan kerja sama?
- Berikan contoh kegiatan kerja sama di rumah.
- Berikan contoh kegiatan kerja sama di sekolah.
- Pengertian Kerja Sama:
D. Contoh Soal Gabungan
- Matematika: 8 + … = 15
- Bahasa Indonesia: Tuliskan kata "bola".
- PPKn: Apa simbol sila kedua Pancasila?
- Matematika: Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar: 5, 12, 2, 9.
- Bahasa Indonesia: Bacalah kalimat berikut: "Ibu pergi ke pasar."
- PPKn: Sebutkan 2 contoh aturan di sekolah.
- Matematika: Ada 10 permen. Dimakan 3 permen. Berapa sisa permen?
- Bahasa Indonesia: Apa arti kata "teman"?
- PPKn: Mengapa kita harus menjaga kebersihan kelas?
- Matematika: Gambarlah sebuah segitiga.
Panduan belajar dan contoh soal di atas diharapkan dapat membantu siswa kelas 1 dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian semester 2. Orang tua dan guru diharapkan dapat memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka dapat memahami materi dengan baik. Selalu ingatkan siswa untuk belajar dengan tekun dan mengerjakan soal dengan teliti.