I. Identifikasi Bagian Tubuh (Matching)
- Tujuan: Menguji kemampuan siswa dalam mengidentifikasi dan mencocokkan nama-nama bagian tubuh dengan gambar yang sesuai.
- Instruksi: Cocokkan gambar bagian tubuh dengan nama yang tepat.
Contoh Soal:
- Gambar: Mata
Pilihan:
a. Nose
b. Eyes
c. Mouth
d. Ears - Gambar: Hidung
Pilihan:
a. Hair
b. Nose
c. Hand
d. Leg - Gambar: Mulut
Pilihan:
a. Mouth
b. Head
c. Foot
d. Arm - Gambar: Telinga
Pilihan:
a. Eyes
b. Ears
c. Finger
d. Toe - Gambar: Tangan
Pilihan:
a. Hand
b. Leg
c. Neck
d. Shoulder
- Gambar: Mata
II. Melengkapi Kalimat (Fill in the Blanks)
- Tujuan: Menguji kemampuan siswa dalam menggunakan kosakata tentang bagian tubuh dalam konteks kalimat sederhana.
- Instruksi: Lengkapi kalimat berikut dengan kata yang tepat.
-
Contoh Soal:
- I see with my __. (eyes)
- I smell with my __. (nose)
- I eat with my __. (mouth)
- I hear with my __. (ears)
- I walk with my __. (legs/feet)
- I hold things with my __. (hands)
- I have __ fingers on each hand. (five)
- I have __ toes on each foot. (five)
- My __ helps me to think. (head)
- I can move my __ to look around. (neck)
III. Pilihan Ganda (Multiple Choice)
- Tujuan: Menguji pemahaman siswa tentang fungsi dasar dari berbagai bagian tubuh.
- Instruksi: Pilih jawaban yang paling tepat.
-
Contoh Soal:
- We use our eyes to __.
a. smell
b. see
c. hear
d. taste - We use our nose to __.
a. see
b. taste
c. smell
d. hear - We use our mouth to __.
a. walk
b. eat
c. hold
d. see - We use our ears to __.
a. smell
b. see
c. hear
d. taste - We use our legs to __.
a. hold
b. walk
c. see
d. eat - What is on top of your head?
a. Eyes
b. Hair
c. Nose
d. Mouth - Which part of your body helps you to kick a ball?
a. Hand
b. Arm
c. Leg
d. Finger - Which part of your body connects your head to your body?
a. Shoulder
b. Neck
c. Chest
d. Stomach - How many eyes do you have?
a. One
b. Two
c. Three
d. Four - How many noses do you have?
a. One
b. Two
c. Three
d. Four
- We use our eyes to __.
IV. Benar atau Salah (True or False)
- Tujuan: Menguji pemahaman siswa tentang pernyataan yang benar atau salah mengenai bagian tubuh dan fungsinya.
- Instruksi: Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.
-
Contoh Soal:
- We use our hands to walk. (False)
- We use our eyes to see. (True)
- We use our ears to smell. (False)
- We use our mouth to talk. (True)
- We use our legs to eat. (False)
- We have ten fingers on each hand. (False)
- We have one nose. (True)
- Our hair is on our head. (True)
- Our neck connects our head to our body. (True)
- We use our feet to clap. (False)
V. Menyusun Huruf (Unscramble the Letters)
- Tujuan: Menguji kemampuan siswa dalam mengenali kosakata tentang bagian tubuh melalui penyusunan huruf yang diacak.
- Instruksi: Susun huruf-huruf berikut menjadi kata yang benar.
-
Contoh Soal:
- EYES = __ (EYES)
- NOSE = __ (NOSE)
- MOUTH = __ (MOUTH)
- EARS = __ (EARS)
- HAND = __ (HAND)
- LEG = __ (LEG)
- HEAD = __ (HEAD)
- HAIR = __ (HAIR)
- FOOT = __ (FOOT)
- NECK = __ (NECK)
VI. Menjawab Pertanyaan Singkat (Short Answer Questions)
- Tujuan: Menguji kemampuan siswa dalam memberikan jawaban singkat dan tepat mengenai pertanyaan tentang bagian tubuh.
- Instruksi: Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat.
-
Contoh Soal:
- What do you use to see? (Eyes)
- What do you use to smell? (Nose)
- What do you use to eat? (Mouth)
- What do you use to hear? (Ears)
- What do you use to walk? (Legs/Feet)
- What is on top of your head? (Hair)
- How many eyes do you have? (Two)
- How many noses do you have? (One)
- What do you use to hold things? (Hands)
- What connects your head to your body? (Neck)
VII. Menggambar dan Memberi Label (Draw and Label)
- Tujuan: Menguji pemahaman siswa secara visual dan kemampuan mereka untuk menghubungkan gambar dengan kosakata yang sesuai.
- Instruksi: Gambarlah sebuah gambar tubuh manusia sederhana dan berikan label pada bagian-bagian tubuh yang penting.
-
Contoh Soal:
- Siswa menggambar gambar sederhana seorang anak dan memberi label pada bagian-bagian seperti: Head, Hair, Eyes, Nose, Mouth, Ears, Neck, Shoulders, Arms, Hands, Legs, Feet.
VIII. Menggunakan Kata Sifat (Using Adjectives)
- Tujuan: Memperluas kosakata siswa dengan memasukkan kata sifat yang mendeskripsikan bagian tubuh.
- Instruksi: Lengkapi kalimat dengan kata sifat yang tepat.
-
Contoh Soal:
- My hair is __. (Contoh: black, brown, long, short)
- My eyes are __. (Contoh: blue, brown, big, small)
- My hands are __. (Contoh: small, big)
- My legs are __. (Contoh: long, short)
- I have a __ nose. (Contoh: small, big)
IX. Permainan Tebak Kata (Guessing Game)
- Tujuan: Membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan sambil tetap melatih kosakata tentang bagian tubuh.
- Instruksi: Guru memberikan deskripsi tentang bagian tubuh, dan siswa menebak bagian tubuh yang dimaksud.
-
Contoh Soal:
- Guru: "I am used to see the world around you. What am I?"
Siswa: "Eyes!" - Guru: "I am used to smell flowers. What am I?"
Siswa: "Nose!" - Guru: "I am used to eat delicious food. What am I?"
Siswa: "Mouth!" - Guru: "I am used to hear music. What am I?"
Siswa: "Ears!" - Guru: "I am used to walk and run. What am I?"
Siswa: "Legs/Feet!"
- Guru: "I am used to see the world around you. What am I?"
X. Membuat Kalimat Sederhana (Simple Sentence Construction)
- Tujuan: Menguji kemampuan siswa dalam menyusun kalimat sederhana menggunakan kosakata tentang bagian tubuh.
- Instruksi: Buatlah kalimat sederhana menggunakan kata-kata berikut.
-
Contoh Soal:
- Eyes: I have two eyes.
- Nose: I smell with my nose.
- Mouth: I eat with my mouth.
- Ears: I hear with my ears.
- Hands: I wash my hands.
- Legs: I walk with my legs.
- Head: I wear a hat on my head.
- Hair: I brush my hair.
- Foot: I wear a shoe on my foot.
- Neck: I wear a scarf around my neck.
Soal-soal di atas dirancang untuk membantu siswa kelas 1 SD memahami dan mengingat kosakata tentang bagian tubuh dalam bahasa Inggris. Variasi soal juga bertujuan untuk menjaga agar proses belajar tetap menarik dan tidak membosankan. Guru dapat menyesuaikan tingkat kesulitan soal sesuai dengan kemampuan siswa di kelas.