RPP Matematika Kelas 7: Bilangan Bulat

RPP Matematika Kelas 7: Bilangan Bulat

RPP Matematika Kelas 7: Bilangan Bulat

A. Informasi Umum

  • Mata Pelajaran: Matematika
  • Fase: D
  • Kelas: VII (Tujuh)
  • Semester: Ganjil
  • Topik: Bilangan Bulat
  • Alokasi Waktu: 6 x 40 menit (3 pertemuan)

B. Capaian Pembelajaran (CP)

Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional, dan bilangan irasional; menggunakan notasi ilmiah untuk menuliskan bilangan yang sangat besar maupun sangat kecil; melakukan operasi aritmetika pada bilangan bulat dan bilangan rasional; memberikan estimasi/perkiraan dalam perhitungan. Mereka dapat menggunakan faktor prima dan KPK untuk menyelesaikan masalah.

C. Tujuan Pembelajaran (TP)

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep bilangan bulat positif dan negatif.
  2. Menuliskan dan membaca bilangan bulat.
  3. Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat.
  4. Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan bulat.
  5. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan bulat.

D. Profil Pelajar Pancasila

Dalam pembelajaran ini, profil pelajar Pancasila yang dikembangkan adalah:

  1. Bernalar Kritis: Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakan dalam pemecahan masalah.
  2. Kreatif: Menghasilkan gagasan orisinal dalam menyelesaikan masalah.
  3. Mandiri: Bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
  4. Gotong Royong: Bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

E. Model Pembelajaran

  • Problem Based Learning (PBL)
  • Diskusi
  • Tanya Jawab
  • Penugasan

F. Materi Pembelajaran

  1. Konsep Bilangan Bulat:
    • Pengertian bilangan bulat positif dan negatif.
    • Garis bilangan bulat.
    • Contoh bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari (suhu, ketinggian, kedalaman).
  2. Menulis dan Membaca Bilangan Bulat:
    • Cara menulis bilangan bulat positif dan negatif.
    • Cara membaca bilangan bulat positif dan negatif.
  3. Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat:
    • Membandingkan bilangan bulat menggunakan garis bilangan.
    • Membandingkan bilangan bulat tanpa garis bilangan.
    • Mengurutkan bilangan bulat dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
  4. Operasi Hitung Bilangan Bulat:
    • Penjumlahan bilangan bulat (sifat-sifat penjumlahan).
    • Pengurangan bilangan bulat (pengurangan sebagai penjumlahan dengan lawan bilangan).
    • Perkalian bilangan bulat (aturan tanda perkalian).
    • Pembagian bilangan bulat (aturan tanda pembagian).
  5. Penerapan Bilangan Bulat:
    • Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan suhu.
    • Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keuntungan dan kerugian.
    • Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan ketinggian dan kedalaman.

G. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran

  • Garis bilangan (fisik atau digital)
  • Kartu bilangan
  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
  • Papan tulis/Whiteboard
  • Spidol/Board marker
  • Laptop/Komputer
  • Proyektor (jika ada)
  • Aplikasi/Software matematika (opsional)

H. Sumber Belajar

  • Buku Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka
  • Modul Pembelajaran Matematika
  • Internet (situs web yang relevan)
  • Lingkungan sekitar

I. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 40 menit)

  • Kegiatan Awal (10 menit):
    • Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
    • Guru mengecek kehadiran peserta didik.
    • Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang bilangan yang pernah dipelajari (misalnya bilangan cacah, bilangan asli).
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    • Guru memberikan motivasi dengan menunjukkan contoh penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari (misalnya suhu di pegunungan, kedalaman laut).
  • Kegiatan Inti (60 menit):
    • Orientasi Masalah: Guru memberikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan bilangan bulat, misalnya: "Suhu di puncak gunung pada siang hari adalah 5°C, sedangkan pada malam hari turun menjadi -2°C. Berapa derajat penurunan suhu tersebut?"
    • Mengorganisasikan Peserta Didik: Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok (4-5 orang per kelompok).
    • Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok:
      • Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk memahami masalah yang diberikan.
      • Peserta didik mencari informasi tentang konsep bilangan bulat positif dan negatif.
      • Peserta didik menggunakan garis bilangan untuk memvisualisasikan bilangan bulat.
      • Guru membimbing peserta didik dalam memahami konsep bilangan bulat dan memberikan bantuan jika diperlukan.
    • Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
      • Setiap kelompok membuat presentasi singkat tentang pemahaman mereka mengenai bilangan bulat.
      • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
    • Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:
      • Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi setiap kelompok.
      • Guru memberikan penjelasan tambahan jika ada konsep yang belum dipahami.
      • Guru memberikan latihan soal untuk menguji pemahaman peserta didik.
  • Kegiatan Penutup (10 menit):
    • Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
    • Guru memberikan tugas rumah (PR) untuk memperdalam pemahaman peserta didik.
    • Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
    • Guru menutup pelajaran dengan salam.

Pertemuan 2 (2 x 40 menit)

  • Kegiatan Awal (10 menit):
    • Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
    • Guru mengecek kehadiran peserta didik.
    • Guru mengulas materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai (membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat, serta melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan).
  • Kegiatan Inti (60 menit):
    • Orientasi Masalah: Guru memberikan masalah tentang membandingkan suhu di beberapa kota yang memiliki suhu positif dan negatif.
    • Mengorganisasikan Peserta Didik: Peserta didik tetap berada dalam kelompok yang sama.
    • Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok:
      • Peserta didik berdiskusi tentang cara membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat.
      • Peserta didik menggunakan garis bilangan untuk membantu membandingkan bilangan bulat.
      • Peserta didik berlatih melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
      • Guru memberikan bimbingan dan bantuan jika diperlukan.
    • Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
      • Setiap kelompok menyelesaikan soal-soal latihan tentang membandingkan, mengurutkan, menjumlahkan, dan mengurangkan bilangan bulat.
      • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas.
    • Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:
      • Guru memberikan umpan balik dan koreksi terhadap pekerjaan peserta didik.
      • Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep-konsep yang sulit dipahami.
  • Kegiatan Penutup (10 menit):
    • Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
    • Guru memberikan tugas rumah (PR) untuk memperdalam pemahaman peserta didik.
    • Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya (perkalian dan pembagian bilangan bulat).
    • Guru menutup pelajaran dengan salam.

Pertemuan 3 (2 x 40 menit)

  • Kegiatan Awal (10 menit):
    • Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
    • Guru mengecek kehadiran peserta didik.
    • Guru mengulas materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
    • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai (melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat, serta menyelesaikan masalah kontekstual).
  • Kegiatan Inti (60 menit):
    • Orientasi Masalah: Guru memberikan masalah kontekstual tentang keuntungan dan kerugian dalam perdagangan yang melibatkan bilangan bulat.
    • Mengorganisasikan Peserta Didik: Peserta didik tetap berada dalam kelompok yang sama.
    • Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok:
      • Peserta didik berdiskusi tentang aturan tanda dalam perkalian dan pembagian bilangan bulat.
      • Peserta didik berlatih melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat.
      • Peserta didik menyelesaikan masalah kontekstual yang diberikan.
      • Guru memberikan bimbingan dan bantuan jika diperlukan.
    • Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
      • Setiap kelompok menyelesaikan soal-soal latihan tentang perkalian dan pembagian bilangan bulat, serta masalah kontekstual.
      • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas.
    • Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:
      • Guru memberikan umpan balik dan koreksi terhadap pekerjaan peserta didik.
      • Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep-konsep yang sulit dipahami.
  • Kegiatan Penutup (10 menit):
    • Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang seluruh materi bilangan bulat.
    • Guru memberikan tugas rumah (PR) berupa latihan soal-soal yang lebih kompleks.
    • Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya (pecahan).
    • Guru menutup pelajaran dengan salam.

J. Asesmen

  1. Asesmen Formatif:
    • Observasi selama kegiatan diskusi dan presentasi.
    • Penilaian terhadap LKPD.
    • Kuis singkat di akhir setiap pertemuan.
  2. Asesmen Sumatif:
    • Tes tertulis di akhir bab (ulangan harian).

K. Pengayaan dan Remedial

  1. Pengayaan: Bagi peserta didik yang sudah memahami materi dengan baik, diberikan soal-soal yang lebih menantang dan kompleks.
  2. Remedial: Bagi peserta didik yang belum memahami materi dengan baik, diberikan bimbingan tambahan dan latihan soal-soal yang lebih sederhana.

L. Refleksi Guru

  • Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
  • Bagaimana respon peserta didik terhadap materi yang diajarkan?
  • Metode pembelajaran apa yang paling efektif?
  • Kesulitan apa yang dialami peserta didik?
  • Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?

RPP Matematika Kelas 7: Bilangan Bulat

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these