RPP Matematika Kelas 7: Bilangan Bulat
A. Informasi Umum
- Mata Pelajaran: Matematika
- Fase: D
- Kelas: VII (Tujuh)
- Semester: Ganjil
- Topik: Bilangan Bulat
- Alokasi Waktu: 6 x 40 menit (3 pertemuan)
B. Capaian Pembelajaran (CP)
Di akhir fase D, peserta didik dapat membaca, menulis, dan membandingkan bilangan bulat, bilangan rasional, dan bilangan irasional; menggunakan notasi ilmiah untuk menuliskan bilangan yang sangat besar maupun sangat kecil; melakukan operasi aritmetika pada bilangan bulat dan bilangan rasional; memberikan estimasi/perkiraan dalam perhitungan. Mereka dapat menggunakan faktor prima dan KPK untuk menyelesaikan masalah.
C. Tujuan Pembelajaran (TP)
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Memahami konsep bilangan bulat positif dan negatif.
- Menuliskan dan membaca bilangan bulat.
- Membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat.
- Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan bulat.
- Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan bulat.
D. Profil Pelajar Pancasila
Dalam pembelajaran ini, profil pelajar Pancasila yang dikembangkan adalah:
- Bernalar Kritis: Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakan dalam pemecahan masalah.
- Kreatif: Menghasilkan gagasan orisinal dalam menyelesaikan masalah.
- Mandiri: Bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.
- Gotong Royong: Bekerja sama dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
E. Model Pembelajaran
- Problem Based Learning (PBL)
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Penugasan
F. Materi Pembelajaran
- Konsep Bilangan Bulat:
- Pengertian bilangan bulat positif dan negatif.
- Garis bilangan bulat.
- Contoh bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari (suhu, ketinggian, kedalaman).
- Menulis dan Membaca Bilangan Bulat:
- Cara menulis bilangan bulat positif dan negatif.
- Cara membaca bilangan bulat positif dan negatif.
- Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat:
- Membandingkan bilangan bulat menggunakan garis bilangan.
- Membandingkan bilangan bulat tanpa garis bilangan.
- Mengurutkan bilangan bulat dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
- Operasi Hitung Bilangan Bulat:
- Penjumlahan bilangan bulat (sifat-sifat penjumlahan).
- Pengurangan bilangan bulat (pengurangan sebagai penjumlahan dengan lawan bilangan).
- Perkalian bilangan bulat (aturan tanda perkalian).
- Pembagian bilangan bulat (aturan tanda pembagian).
- Penerapan Bilangan Bulat:
- Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan suhu.
- Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan keuntungan dan kerugian.
- Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan ketinggian dan kedalaman.
G. Media, Alat, dan Bahan Pembelajaran
- Garis bilangan (fisik atau digital)
- Kartu bilangan
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
- Papan tulis/Whiteboard
- Spidol/Board marker
- Laptop/Komputer
- Proyektor (jika ada)
- Aplikasi/Software matematika (opsional)
H. Sumber Belajar
- Buku Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka
- Modul Pembelajaran Matematika
- Internet (situs web yang relevan)
- Lingkungan sekitar
I. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
- Kegiatan Awal (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru memberikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang bilangan yang pernah dipelajari (misalnya bilangan cacah, bilangan asli).
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Guru memberikan motivasi dengan menunjukkan contoh penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari (misalnya suhu di pegunungan, kedalaman laut).
- Kegiatan Inti (60 menit):
- Orientasi Masalah: Guru memberikan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan bilangan bulat, misalnya: "Suhu di puncak gunung pada siang hari adalah 5°C, sedangkan pada malam hari turun menjadi -2°C. Berapa derajat penurunan suhu tersebut?"
- Mengorganisasikan Peserta Didik: Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok (4-5 orang per kelompok).
- Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok:
- Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk memahami masalah yang diberikan.
- Peserta didik mencari informasi tentang konsep bilangan bulat positif dan negatif.
- Peserta didik menggunakan garis bilangan untuk memvisualisasikan bilangan bulat.
- Guru membimbing peserta didik dalam memahami konsep bilangan bulat dan memberikan bantuan jika diperlukan.
- Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
- Setiap kelompok membuat presentasi singkat tentang pemahaman mereka mengenai bilangan bulat.
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
- Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:
- Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi setiap kelompok.
- Guru memberikan penjelasan tambahan jika ada konsep yang belum dipahami.
- Guru memberikan latihan soal untuk menguji pemahaman peserta didik.
- Kegiatan Penutup (10 menit):
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas rumah (PR) untuk memperdalam pemahaman peserta didik.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
- Kegiatan Awal (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru mengulas materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai (membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat, serta melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan).
- Kegiatan Inti (60 menit):
- Orientasi Masalah: Guru memberikan masalah tentang membandingkan suhu di beberapa kota yang memiliki suhu positif dan negatif.
- Mengorganisasikan Peserta Didik: Peserta didik tetap berada dalam kelompok yang sama.
- Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok:
- Peserta didik berdiskusi tentang cara membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat.
- Peserta didik menggunakan garis bilangan untuk membantu membandingkan bilangan bulat.
- Peserta didik berlatih melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
- Guru memberikan bimbingan dan bantuan jika diperlukan.
- Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
- Setiap kelompok menyelesaikan soal-soal latihan tentang membandingkan, mengurutkan, menjumlahkan, dan mengurangkan bilangan bulat.
- Beberapa kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas.
- Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:
- Guru memberikan umpan balik dan koreksi terhadap pekerjaan peserta didik.
- Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep-konsep yang sulit dipahami.
- Kegiatan Penutup (10 menit):
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas rumah (PR) untuk memperdalam pemahaman peserta didik.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya (perkalian dan pembagian bilangan bulat).
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
Pertemuan 3 (2 x 40 menit)
- Kegiatan Awal (10 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan salam dan menanyakan kabar peserta didik.
- Guru mengecek kehadiran peserta didik.
- Guru mengulas materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai (melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat, serta menyelesaikan masalah kontekstual).
- Kegiatan Inti (60 menit):
- Orientasi Masalah: Guru memberikan masalah kontekstual tentang keuntungan dan kerugian dalam perdagangan yang melibatkan bilangan bulat.
- Mengorganisasikan Peserta Didik: Peserta didik tetap berada dalam kelompok yang sama.
- Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok:
- Peserta didik berdiskusi tentang aturan tanda dalam perkalian dan pembagian bilangan bulat.
- Peserta didik berlatih melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat.
- Peserta didik menyelesaikan masalah kontekstual yang diberikan.
- Guru memberikan bimbingan dan bantuan jika diperlukan.
- Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya:
- Setiap kelompok menyelesaikan soal-soal latihan tentang perkalian dan pembagian bilangan bulat, serta masalah kontekstual.
- Beberapa kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas.
- Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah:
- Guru memberikan umpan balik dan koreksi terhadap pekerjaan peserta didik.
- Guru memberikan penjelasan tambahan tentang konsep-konsep yang sulit dipahami.
- Kegiatan Penutup (10 menit):
- Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang seluruh materi bilangan bulat.
- Guru memberikan tugas rumah (PR) berupa latihan soal-soal yang lebih kompleks.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya (pecahan).
- Guru menutup pelajaran dengan salam.
J. Asesmen
- Asesmen Formatif:
- Observasi selama kegiatan diskusi dan presentasi.
- Penilaian terhadap LKPD.
- Kuis singkat di akhir setiap pertemuan.
- Asesmen Sumatif:
- Tes tertulis di akhir bab (ulangan harian).
K. Pengayaan dan Remedial
- Pengayaan: Bagi peserta didik yang sudah memahami materi dengan baik, diberikan soal-soal yang lebih menantang dan kompleks.
- Remedial: Bagi peserta didik yang belum memahami materi dengan baik, diberikan bimbingan tambahan dan latihan soal-soal yang lebih sederhana.
L. Refleksi Guru
- Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
- Bagaimana respon peserta didik terhadap materi yang diajarkan?
- Metode pembelajaran apa yang paling efektif?
- Kesulitan apa yang dialami peserta didik?
- Apa yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran selanjutnya?