Kumpulan Soal Matematika Kelas 2 Semester 2 Tematik

Kumpulan Soal Matematika Kelas 2 Semester 2 Tematik

A. Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah (Ratusan)

  1. Penjumlahan Tanpa Menyimpan

      Kumpulan Soal Matematika Kelas 2 Semester 2 Tematik

    • Konsep Dasar: Penjumlahan tanpa menyimpan melibatkan penjumlahan angka pada nilai tempat yang sama (satuan, puluhan, ratusan) tanpa perlu memindahkan nilai puluhan atau ratusan ke nilai tempat yang lebih tinggi.

    • Contoh Soal:

      • 123 + 234 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 3 + 4 = 7
          • Puluhan: 2 + 3 = 5
          • Ratusan: 1 + 2 = 3
          • Jadi, 123 + 234 = 357
      • 215 + 342 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 5 + 2 = 7
          • Puluhan: 1 + 4 = 5
          • Ratusan: 2 + 3 = 5
          • Jadi, 215 + 342 = 557
      • 401 + 198 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 1 + 8 = 9
          • Puluhan: 0 + 9 = 9
          • Ratusan: 4 + 1 = 5
          • Jadi, 401 + 198 = 599
    • Latihan Soal:

      • 321 + 456 = …
      • 102 + 697 = …
      • 543 + 234 = …
      • 256 + 312 = …
      • 478 + 121 = …
  2. Penjumlahan Dengan Menyimpan

    • Konsep Dasar: Penjumlahan dengan menyimpan terjadi ketika hasil penjumlahan pada suatu nilai tempat lebih dari 9. Kelebihan nilai tersebut dipindahkan (disimpan) ke nilai tempat yang lebih tinggi.

    • Contoh Soal:

      • 128 + 135 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 8 + 5 = 13 (Tulis 3, simpan 1 di puluhan)
          • Puluhan: 2 + 3 + 1 (simpanan) = 6
          • Ratusan: 1 + 1 = 2
          • Jadi, 128 + 135 = 263
      • 246 + 178 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 6 + 8 = 14 (Tulis 4, simpan 1 di puluhan)
          • Puluhan: 4 + 7 + 1 (simpanan) = 12 (Tulis 2, simpan 1 di ratusan)
          • Ratusan: 2 + 1 + 1 (simpanan) = 4
          • Jadi, 246 + 178 = 424
      • 357 + 245 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 7 + 5 = 12 (Tulis 2, simpan 1 di puluhan)
          • Puluhan: 5 + 4 + 1 (simpanan) = 10 (Tulis 0, simpan 1 di ratusan)
          • Ratusan: 3 + 2 + 1 (simpanan) = 6
          • Jadi, 357 + 245 = 602
    • Latihan Soal:

      • 234 + 189 = …
      • 456 + 278 = …
      • 199 + 345 = …
      • 368 + 234 = …
      • 587 + 123 = …
  3. Pengurangan Tanpa Meminjam

    • Konsep Dasar: Pengurangan tanpa meminjam melibatkan pengurangan angka pada nilai tempat yang sama tanpa perlu meminjam dari nilai tempat yang lebih tinggi.

    • Contoh Soal:

      • 345 – 123 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 5 – 3 = 2
          • Puluhan: 4 – 2 = 2
          • Ratusan: 3 – 1 = 2
          • Jadi, 345 – 123 = 222
      • 468 – 235 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 8 – 5 = 3
          • Puluhan: 6 – 3 = 3
          • Ratusan: 4 – 2 = 2
          • Jadi, 468 – 235 = 233
      • 579 – 341 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 9 – 1 = 8
          • Puluhan: 7 – 4 = 3
          • Ratusan: 5 – 3 = 2
          • Jadi, 579 – 341 = 238
    • Latihan Soal:

      • 678 – 456 = …
      • 789 – 567 = …
      • 890 – 670 = …
      • 901 – 701 = …
      • 543 – 213 = …
  4. Pengurangan Dengan Meminjam

    • Konsep Dasar: Pengurangan dengan meminjam terjadi ketika angka yang dikurangi pada suatu nilai tempat lebih kecil dari angka pengurang. Kita perlu meminjam dari nilai tempat yang lebih tinggi.

    • Contoh Soal:

      • 321 – 145 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 1 – 5 (tidak bisa, pinjam 1 puluhan dari 2) menjadi 11 – 5 = 6
          • Puluhan: 2 (sudah dipinjam 1) menjadi 1 – 4 (tidak bisa, pinjam 1 ratusan dari 3) menjadi 11 – 4 = 7
          • Ratusan: 3 (sudah dipinjam 1) menjadi 2 – 1 = 1
          • Jadi, 321 – 145 = 176
      • 452 – 278 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 2 – 8 (tidak bisa, pinjam 1 puluhan dari 5) menjadi 12 – 8 = 4
          • Puluhan: 5 (sudah dipinjam 1) menjadi 4 – 7 (tidak bisa, pinjam 1 ratusan dari 4) menjadi 14 – 7 = 7
          • Ratusan: 4 (sudah dipinjam 1) menjadi 3 – 2 = 1
          • Jadi, 452 – 278 = 174
      • 500 – 234 = …

        • Penyelesaian:
          • Satuan: 0 – 4 (tidak bisa, pinjam dari puluhan, tapi puluhan 0, pinjam dari ratusan)
          • Ratusan meminjamkan 1 ke puluhan, jadi ratusan menjadi 4, puluhan menjadi 10.
          • Puluhan meminjamkan 1 ke satuan, jadi puluhan menjadi 9, satuan menjadi 10.
          • Satuan: 10 – 4 = 6
          • Puluhan: 9 – 3 = 6
          • Ratusan: 4 – 2 = 2
          • Jadi, 500 – 234 = 266
    • Latihan Soal:

      • 612 – 345 = …
      • 723 – 456 = …
      • 834 – 567 = …
      • 945 – 678 = …
      • 501 – 234 = …
See also  Bank Soal IPA Kelas 7 Semester 2: Bab 5 - Klasifikasi Makhluk Hidup

B. Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah

  1. Perkalian dengan Bilangan 2, 3, 4, dan 5

    • Konsep Dasar: Perkalian adalah penjumlahan berulang. Misalnya, 3 x 4 berarti 4 + 4 + 4.

    • Contoh Soal:

      • 2 x 5 = … (sama dengan 5 + 5 = 10)
      • 3 x 4 = … (sama dengan 4 + 4 + 4 = 12)
      • 4 x 6 = … (sama dengan 6 + 6 + 6 + 6 = 24)
      • 5 x 3 = … (sama dengan 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 15)
    • Latihan Soal:

      • 2 x 7 = …
      • 3 x 5 = …
      • 4 x 8 = …
      • 5 x 4 = …
      • 2 x 9 = …
  2. Pembagian dengan Bilangan 2, 3, 4, dan 5

    • Konsep Dasar: Pembagian adalah pengurangan berulang sampai habis. Misalnya, 12 : 3 berarti 12 dikurangi 3 sampai habis (12-3-3-3-3 = 0). Ada 4 kali pengurangan, jadi 12 : 3 = 4.

    • Contoh Soal:

      • 10 : 2 = … (sama dengan 10 – 2 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0. Ada 5 kali pengurangan, jadi 10 : 2 = 5)
      • 12 : 3 = … (sama dengan 12 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0. Ada 4 kali pengurangan, jadi 12 : 3 = 4)
      • 16 : 4 = … (sama dengan 16 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0. Ada 4 kali pengurangan, jadi 16 : 4 = 4)
      • 15 : 5 = … (sama dengan 15 – 5 – 5 – 5 = 0. Ada 3 kali pengurangan, jadi 15 : 5 = 3)
    • Latihan Soal:

      • 14 : 2 = …
      • 18 : 3 = …
      • 20 : 4 = …
      • 25 : 5 = …
      • 8 : 2 = …

C. Bangun Datar

  1. Mengenal Bangun Datar Sederhana (Segitiga, Segi Empat, Lingkaran)

    • Segitiga: Bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut.

    • Segi Empat: Bangun datar yang memiliki empat sisi dan empat sudut. Segi empat dapat berupa persegi, persegi panjang, trapesium, belah ketupat, jajar genjang, atau layang-layang.

    • Lingkaran: Bangun datar yang berbentuk bundar dan memiliki jarak yang sama dari titik pusat ke semua titik di tepi lingkaran.

    • Contoh Soal:

      • Manakah gambar di bawah ini yang merupakan segitiga? (Diberikan beberapa pilihan gambar)
      • Manakah gambar di bawah ini yang merupakan persegi panjang? (Diberikan beberapa pilihan gambar)
      • Manakah gambar di bawah ini yang merupakan lingkaran? (Diberikan beberapa pilihan gambar)
    • Latihan Soal:

      • Gambarkan sebuah segitiga.
      • Gambarkan sebuah persegi.
      • Gambarkan sebuah lingkaran.
      • Sebutkan 3 benda di sekitarmu yang berbentuk lingkaran.
      • Sebutkan 3 benda di sekitarmu yang berbentuk segi empat.
  2. Sifat-Sifat Bangun Datar Sederhana

    • Segitiga: Memiliki 3 sisi, 3 sudut, dan jumlah sudutnya 180 derajat.

    • Persegi: Memiliki 4 sisi yang sama panjang dan 4 sudut siku-siku (90 derajat).

    • Persegi Panjang: Memiliki 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang, serta 4 sudut siku-siku (90 derajat).

    • Lingkaran: Tidak memiliki sisi atau sudut.

    • Contoh Soal:

      • Berapa jumlah sisi pada sebuah persegi?
      • Berapa jumlah sudut pada sebuah segitiga?
      • Apakah persegi panjang memiliki sisi yang sama panjang? (Ya/Tidak)
      • Apakah lingkaran memiliki sudut? (Ya/Tidak)
    • Latihan Soal:

      • Sebutkan sifat-sifat persegi.
      • Sebutkan sifat-sifat segitiga.
      • Apa perbedaan antara persegi dan persegi panjang?
      • Apakah semua sisi pada persegi panjang sama panjang? Jelaskan.
See also  Latihan Soal UAS PKN Kelas 3 Semester 1: Panduan Lengkap

D. Pengukuran Waktu, Panjang, dan Berat

  1. Satuan Waktu (Jam, Hari, Minggu, Bulan, Tahun)

    • Konsep Dasar: Memahami hubungan antar satuan waktu: 1 hari = 24 jam, 1 minggu = 7 hari, 1 bulan (rata-rata) = 30 hari, 1 tahun = 12 bulan = 365 hari.

    • Contoh Soal:

      • Berapa jam dalam satu hari?
      • Berapa hari dalam satu minggu?
      • Berapa bulan dalam satu tahun?
      • Jika hari ini hari Senin, hari apa 3 hari lagi?
    • Latihan Soal:

      • Jika sekarang pukul 07.00 pagi, pukul berapa 5 jam lagi?
      • Jika kemarin hari Minggu, hari apa besok?
      • Berapa hari dalam 2 minggu?
      • Berapa bulan dalam setengah tahun?
      • Sebuah kegiatan berlangsung selama 3 hari. Berapa jam kegiatan tersebut berlangsung?
  2. Satuan Panjang (Meter, Sentimeter)

    • Konsep Dasar: Memahami hubungan antara meter dan sentimeter: 1 meter = 100 sentimeter.

    • Contoh Soal:

      • Berapa sentimeter dalam 1 meter?
      • 2 meter sama dengan berapa sentimeter?
      • 500 sentimeter sama dengan berapa meter?
    • Latihan Soal:

      • Sebuah tali panjangnya 3 meter. Berapa sentimeter panjang tali tersebut?
      • Sebuah meja panjangnya 150 sentimeter. Berapa meter panjang meja tersebut?
      • Andi memiliki dua buah tali, masing-masing panjangnya 1 meter dan 50 sentimeter. Berapa total panjang tali Andi dalam sentimeter?
      • Bandingkan panjang berikut: 2 meter … 250 sentimeter (>, <, =)
  3. Satuan Berat (Kilogram, Gram)

    • Konsep Dasar: Memahami hubungan antara kilogram dan gram: 1 kilogram = 1000 gram.

    • Contoh Soal:

      • Berapa gram dalam 1 kilogram?
      • 3 kilogram sama dengan berapa gram?
      • 2000 gram sama dengan berapa kilogram?
    • Latihan Soal:

      • Sebuah karung beras beratnya 5 kilogram. Berapa gram berat karung beras tersebut?
      • Sebuah kue beratnya 500 gram. Berapa kilogram berat kue tersebut?
      • Ibu membeli dua buah apel, masing-masing beratnya 250 gram. Berapa total berat apel yang dibeli ibu dalam gram? Berapa kilogram?
      • Bandingkan berat berikut: 1 kilogram … 900 gram (>, <, =)

Artikel ini menyediakan berbagai contoh soal dan latihan soal untuk membantu siswa kelas 2 memahami konsep-konsep matematika tematik di semester 2. Guru dan orang tua dapat menggunakan artikel ini sebagai bahan ajar dan latihan di rumah.

About the Author

admin

Seorang Mahasiswa Yang sudah lama menjadi seorang penulis untuk situs universitas ini, dan mencintai dunia jurnalis sejak lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these