A. Pengenalan Diri dan Orang Lain (Greetings and Introductions)
Bagian ini berfokus pada kemampuan siswa untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan memperkenalkan orang lain dalam bahasa Inggris sederhana. Soal-soal akan menguji pemahaman mereka tentang kosakata dasar dan struktur kalimat yang digunakan dalam situasi perkenalan.
-
Pilihan Ganda:
-
What do you say when you meet someone for the first time?
a. Goodbye
b. Hello
c. Thank you
d. You’re welcome
Jawaban: b. HelloPenjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk memilih sapaan yang tepat saat pertama kali bertemu seseorang. "Hello" adalah sapaan umum dan formal.
-
When someone says "Good morning," what should you say?
a. Good afternoon
b. Good evening
c. Good morning
d. Good night
Jawaban: c. Good morningPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang cara merespon sapaan yang diberikan. Respon yang tepat untuk "Good morning" adalah "Good morning."
-
You want to introduce your friend, Lisa, to your mother. What do you say?
a. "This is Lisa."
b. "Lisa, this is my mother."
c. "Hello, Lisa."
d. Both a and b
Jawaban: d. Both a and bPenjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk memperkenalkan orang lain. Baik "This is Lisa" maupun "Lisa, this is my mother" adalah cara yang benar untuk memperkenalkan seseorang.
-
What do you say when you want to know someone’s name?
a. What is your name?
b. How are you?
c. Where are you from?
d. What is this?
Jawaban: a. What is your name?Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menanyakan nama seseorang. "What is your name?" adalah pertanyaan yang tepat untuk menanyakan nama.
-
After being introduced to someone, what should you say?
a. Goodbye
b. Nice to meet you
c. Thank you
d. You’re welcome
Jawaban: b. Nice to meet youPenjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk merespon setelah diperkenalkan kepada seseorang. "Nice to meet you" adalah respon yang sopan dan umum.
-
-
Menjodohkan:
- Jodohkan pertanyaan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B.
Kolom A Kolom B 1. Hello, what’s your name? a. I’m fine, thank you. 2. How are you? b. My name is Andi. 3. Good afternoon. c. Good afternoon. Jawaban:
- 1 – b
- 2 – a
- 3 – c
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mencocokkan pertanyaan dengan jawaban yang sesuai dalam konteks perkenalan.
-
Melengkapi Kalimat:
-
My name ___ Rina.
Jawaban: isPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata kerja "to be" (is, am, are) yang tepat untuk menyatakan nama.
-
___ are you? I am fine.
Jawaban: HowPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata tanya "How" untuk menanyakan kabar.
-
This ___ my friend, Budi.
Jawaban: isPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata kerja "to be" (is, am, are) yang tepat untuk memperkenalkan seseorang.
-
B. Anggota Keluarga (Family Members)
Bagian ini berfokus pada pengenalan kosakata tentang anggota keluarga dan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi dan menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Inggris.
-
Pilihan Ganda:
-
Your father’s father is your __.
a. Mother
b. Grandfather
c. Sister
d. Brother
Jawaban: b. GrandfatherPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.
-
Your mother’s sister is your __.
a. Brother
b. Uncle
c. Aunt
d. Cousin
Jawaban: c. AuntPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.
-
Your parents’ son is your __.
a. Sister
b. Brother
c. Cousin
d. Aunt
Jawaban: b. BrotherPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.
-
Your sister’s daughter is your __.
a. Aunt
b. Uncle
c. Niece
d. Nephew
Jawaban: c. NiecePenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.
-
My __ is a doctor. He helps sick people.
a. Mother
b. Father
c. Grandmother
d. Sister
Jawaban: b. FatherPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang peran anggota keluarga.
-
-
Mengisi Titik-Titik:
-
My mother and father are my __.
Jawaban: parentsPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah umum untuk kedua orang tua.
-
My brother and I are my parents’ __.
Jawaban: childrenPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah umum untuk anak-anak.
-
My grandfather and grandmother are my __.
Jawaban: grandparentsPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah umum untuk kakek dan nenek.
-
-
Menulis Nama Anggota Keluarga:
-
Tuliskan nama anggota keluarga yang kamu ketahui dalam bahasa Inggris. (Minimal 3 anggota keluarga)
Jawaban: Mother, Father, Brother/Sister
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menuliskan kosakata tentang anggota keluarga.
-
C. Warna (Colors)
Bagian ini berfokus pada pengenalan dan identifikasi warna-warna dasar dalam bahasa Inggris.
-
Pilihan Ganda:
-
The color of the sky is __.
a. Green
b. Red
c. Blue
d. Yellow
Jawaban: c. BluePenjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.
-
The color of an apple is often __.
a. Blue
b. Green
c. Yellow
d. Red
Jawaban: d. RedPenjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.
-
Grass is usually __.
a. Red
b. Blue
c. Green
d. Yellow
Jawaban: c. GreenPenjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.
-
The sun is __.
a. Blue
b. Green
c. Yellow
d. Red
Jawaban: c. YellowPenjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.
-
A banana is usually __.
a. Red
b. Blue
c. Green
d. Yellow
Jawaban: d. YellowPenjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.
-
-
Menjodohkan:
-
Jodohkan nama warna dengan gambar yang sesuai. (Disediakan gambar benda berwarna)
- Contoh: Gambar apel merah dijodohkan dengan "Red"
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengasosiasikan nama warna dengan representasi visualnya.
-
-
Mewarnai Gambar:
-
Warnailah gambar di bawah ini sesuai dengan instruksi. (Disediakan gambar sederhana seperti buah atau benda lain)
- Contoh: Color the apple red. Color the banana yellow.
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk memahami instruksi sederhana dan mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang warna.
-
D. Angka (Numbers)
Bagian ini berfokus pada pengenalan dan penulisan angka 1-10 dalam bahasa Inggris.
-
Pilihan Ganda:
-
What number comes after two?
a. One
b. Two
c. Three
d. Four
Jawaban: c. ThreePenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang urutan angka.
-
How do you write the number 5 in words?
a. Foor
b. Five
c. Six
d. Seven
Jawaban: b. FivePenjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menuliskan angka dalam bentuk kata.
-
Which number is the biggest?
a. One
b. Three
c. Five
d. Ten
Jawaban: d. TenPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang nilai angka.
-
What number comes before eight?
a. Six
b. Seven
c. Nine
d. Ten
Jawaban: b. SevenPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang urutan angka.
-
How many fingers do you have on one hand?
a. Three
b. Four
c. Five
d. Six
Jawaban: c. FivePenjelasan: Soal ini mengaitkan angka dengan objek nyata.
-
-
Menulis Angka:
-
Tuliskan angka 1 sampai 10 dalam bahasa Inggris.
Jawaban: One, Two, Three, Four, Five, Six, Seven, Eight, Nine, Ten
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menuliskan angka dalam bentuk kata.
-
-
Menghitung Gambar:
-
Hitung jumlah gambar dan tuliskan angkanya dalam bahasa Inggris. (Disediakan gambar benda yang jumlahnya 1-10)
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang angka dalam konteks menghitung.
-
E. Benda-Benda di Kelas (Classroom Objects)
Bagian ini berfokus pada pengenalan kosakata tentang benda-benda yang umum ditemukan di kelas.
-
Pilihan Ganda:
-
We use this to write on the board.
a. Book
b. Pencil
c. Chalk
d. Bag
Jawaban: c. ChalkPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.
-
We use this to write on paper.
a. Board
b. Pencil
c. Eraser
d. Desk
Jawaban: b. PencilPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.
-
We put our books and pencils in this.
a. Desk
b. Chair
c. Bag
d. Window
Jawaban: c. BagPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.
-
We sit on this in the classroom.
a. Desk
b. Chair
c. Board
d. Pencil
Jawaban: b. ChairPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.
-
The teacher writes on this.
a. Book
b. Pencil
c. Chalk
d. Board
Jawaban: d. BoardPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.
-
-
Menjodohkan:
-
Jodohkan nama benda dengan gambar yang sesuai. (Disediakan gambar benda-benda di kelas)
Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengasosiasikan nama benda dengan representasi visualnya.
-
-
Mengisi Titik-Titik:
-
I read a ___ in the classroom.
Jawaban: bookPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan benda-benda di kelas dalam kalimat sederhana.
-
I write with a ___.
Jawaban: pencilPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan benda-benda di kelas dalam kalimat sederhana.
-
I erase mistakes with an ___.
Jawaban: eraserPenjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan benda-benda di kelas dalam kalimat sederhana.
-