Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1

A. Pengenalan Diri dan Orang Lain (Greetings and Introductions)

Bagian ini berfokus pada kemampuan siswa untuk menyapa, memperkenalkan diri, dan memperkenalkan orang lain dalam bahasa Inggris sederhana. Soal-soal akan menguji pemahaman mereka tentang kosakata dasar dan struktur kalimat yang digunakan dalam situasi perkenalan.

  • Pilihan Ganda:

    Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1

    1. What do you say when you meet someone for the first time?
      a. Goodbye
      b. Hello
      c. Thank you
      d. You’re welcome
      Jawaban: b. Hello

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk memilih sapaan yang tepat saat pertama kali bertemu seseorang. "Hello" adalah sapaan umum dan formal.

    2. When someone says "Good morning," what should you say?
      a. Good afternoon
      b. Good evening
      c. Good morning
      d. Good night
      Jawaban: c. Good morning

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang cara merespon sapaan yang diberikan. Respon yang tepat untuk "Good morning" adalah "Good morning."

    3. You want to introduce your friend, Lisa, to your mother. What do you say?
      a. "This is Lisa."
      b. "Lisa, this is my mother."
      c. "Hello, Lisa."
      d. Both a and b
      Jawaban: d. Both a and b

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk memperkenalkan orang lain. Baik "This is Lisa" maupun "Lisa, this is my mother" adalah cara yang benar untuk memperkenalkan seseorang.

    4. What do you say when you want to know someone’s name?
      a. What is your name?
      b. How are you?
      c. Where are you from?
      d. What is this?
      Jawaban: a. What is your name?

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menanyakan nama seseorang. "What is your name?" adalah pertanyaan yang tepat untuk menanyakan nama.

    5. After being introduced to someone, what should you say?
      a. Goodbye
      b. Nice to meet you
      c. Thank you
      d. You’re welcome
      Jawaban: b. Nice to meet you

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk merespon setelah diperkenalkan kepada seseorang. "Nice to meet you" adalah respon yang sopan dan umum.

  • Menjodohkan:

    • Jodohkan pertanyaan di kolom A dengan jawaban yang tepat di kolom B.
    Kolom A Kolom B
    1. Hello, what’s your name? a. I’m fine, thank you.
    2. How are you? b. My name is Andi.
    3. Good afternoon. c. Good afternoon.

    Jawaban:

    • 1 – b
    • 2 – a
    • 3 – c

    Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mencocokkan pertanyaan dengan jawaban yang sesuai dalam konteks perkenalan.

  • Melengkapi Kalimat:

    1. My name ___ Rina.
      Jawaban: is

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata kerja "to be" (is, am, are) yang tepat untuk menyatakan nama.

    2. ___ are you? I am fine.
      Jawaban: How

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata tanya "How" untuk menanyakan kabar.

    3. This ___ my friend, Budi.
      Jawaban: is

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan kata kerja "to be" (is, am, are) yang tepat untuk memperkenalkan seseorang.

B. Anggota Keluarga (Family Members)

Bagian ini berfokus pada pengenalan kosakata tentang anggota keluarga dan kemampuan siswa untuk mengidentifikasi dan menyebutkan anggota keluarga dalam bahasa Inggris.

  • Pilihan Ganda:

    1. Your father’s father is your __.
      a. Mother
      b. Grandfather
      c. Sister
      d. Brother
      Jawaban: b. Grandfather

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.

    2. Your mother’s sister is your __.
      a. Brother
      b. Uncle
      c. Aunt
      d. Cousin
      Jawaban: c. Aunt

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.

    3. Your parents’ son is your __.
      a. Sister
      b. Brother
      c. Cousin
      d. Aunt
      Jawaban: b. Brother

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.

    4. Your sister’s daughter is your __.
      a. Aunt
      b. Uncle
      c. Niece
      d. Nephew
      Jawaban: c. Niece

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang hubungan keluarga.

    5. My __ is a doctor. He helps sick people.
      a. Mother
      b. Father
      c. Grandmother
      d. Sister
      Jawaban: b. Father

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang peran anggota keluarga.

  • Mengisi Titik-Titik:

    1. My mother and father are my __.
      Jawaban: parents

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah umum untuk kedua orang tua.

    2. My brother and I are my parents’ __.
      Jawaban: children

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah umum untuk anak-anak.

    3. My grandfather and grandmother are my __.
      Jawaban: grandparents

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang istilah umum untuk kakek dan nenek.

  • Menulis Nama Anggota Keluarga:

    • Tuliskan nama anggota keluarga yang kamu ketahui dalam bahasa Inggris. (Minimal 3 anggota keluarga)

      Jawaban: Mother, Father, Brother/Sister

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menuliskan kosakata tentang anggota keluarga.

See also  Soal UKK Agama Kelas 2 Semester 2: Panduan Belajar Lengkap

C. Warna (Colors)

Bagian ini berfokus pada pengenalan dan identifikasi warna-warna dasar dalam bahasa Inggris.

  • Pilihan Ganda:

    1. The color of the sky is __.
      a. Green
      b. Red
      c. Blue
      d. Yellow
      Jawaban: c. Blue

      Penjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.

    2. The color of an apple is often __.
      a. Blue
      b. Green
      c. Yellow
      d. Red
      Jawaban: d. Red

      Penjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.

    3. Grass is usually __.
      a. Red
      b. Blue
      c. Green
      d. Yellow
      Jawaban: c. Green

      Penjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.

    4. The sun is __.
      a. Blue
      b. Green
      c. Yellow
      d. Red
      Jawaban: c. Yellow

      Penjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.

    5. A banana is usually __.
      a. Red
      b. Blue
      c. Green
      d. Yellow
      Jawaban: d. Yellow

      Penjelasan: Soal ini menguji pengetahuan siswa tentang warna benda-benda di sekitar mereka.

  • Menjodohkan:

    • Jodohkan nama warna dengan gambar yang sesuai. (Disediakan gambar benda berwarna)

      • Contoh: Gambar apel merah dijodohkan dengan "Red"

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengasosiasikan nama warna dengan representasi visualnya.

  • Mewarnai Gambar:

    • Warnailah gambar di bawah ini sesuai dengan instruksi. (Disediakan gambar sederhana seperti buah atau benda lain)

      • Contoh: Color the apple red. Color the banana yellow.

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk memahami instruksi sederhana dan mengaplikasikan pengetahuan mereka tentang warna.

D. Angka (Numbers)

Bagian ini berfokus pada pengenalan dan penulisan angka 1-10 dalam bahasa Inggris.

  • Pilihan Ganda:

    1. What number comes after two?
      a. One
      b. Two
      c. Three
      d. Four
      Jawaban: c. Three

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang urutan angka.

    2. How do you write the number 5 in words?
      a. Foor
      b. Five
      c. Six
      d. Seven
      Jawaban: b. Five

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menuliskan angka dalam bentuk kata.

    3. Which number is the biggest?
      a. One
      b. Three
      c. Five
      d. Ten
      Jawaban: d. Ten

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang nilai angka.

    4. What number comes before eight?
      a. Six
      b. Seven
      c. Nine
      d. Ten
      Jawaban: b. Seven

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang urutan angka.

    5. How many fingers do you have on one hand?
      a. Three
      b. Four
      c. Five
      d. Six
      Jawaban: c. Five

      Penjelasan: Soal ini mengaitkan angka dengan objek nyata.

  • Menulis Angka:

    • Tuliskan angka 1 sampai 10 dalam bahasa Inggris.

      Jawaban: One, Two, Three, Four, Five, Six, Seven, Eight, Nine, Ten

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk menuliskan angka dalam bentuk kata.

  • Menghitung Gambar:

    • Hitung jumlah gambar dan tuliskan angkanya dalam bahasa Inggris. (Disediakan gambar benda yang jumlahnya 1-10)

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang angka dalam konteks menghitung.

See also  Bank Soal Aqidah Akhlak Kelas 2 Semester 2: Latihan Soal

E. Benda-Benda di Kelas (Classroom Objects)

Bagian ini berfokus pada pengenalan kosakata tentang benda-benda yang umum ditemukan di kelas.

  • Pilihan Ganda:

    1. We use this to write on the board.
      a. Book
      b. Pencil
      c. Chalk
      d. Bag
      Jawaban: c. Chalk

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.

    2. We use this to write on paper.
      a. Board
      b. Pencil
      c. Eraser
      d. Desk
      Jawaban: b. Pencil

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.

    3. We put our books and pencils in this.
      a. Desk
      b. Chair
      c. Bag
      d. Window
      Jawaban: c. Bag

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.

    4. We sit on this in the classroom.
      a. Desk
      b. Chair
      c. Board
      d. Pencil
      Jawaban: b. Chair

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.

    5. The teacher writes on this.
      a. Book
      b. Pencil
      c. Chalk
      d. Board
      Jawaban: d. Board

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang fungsi benda-benda di kelas.

  • Menjodohkan:

    • Jodohkan nama benda dengan gambar yang sesuai. (Disediakan gambar benda-benda di kelas)

      Penjelasan: Soal ini menguji kemampuan siswa untuk mengasosiasikan nama benda dengan representasi visualnya.

  • Mengisi Titik-Titik:

    1. I read a ___ in the classroom.
      Jawaban: book

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan benda-benda di kelas dalam kalimat sederhana.

    2. I write with a ___.
      Jawaban: pencil

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan benda-benda di kelas dalam kalimat sederhana.

    3. I erase mistakes with an ___.
      Jawaban: eraser

      Penjelasan: Soal ini menguji pemahaman siswa tentang penggunaan benda-benda di kelas dalam kalimat sederhana.

About the Author

admin

Seorang Mahasiswa Yang sudah lama menjadi seorang penulis untuk situs universitas ini, dan mencintai dunia jurnalis sejak lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these